facebook

3 Perilaku Tidak Pantas Anak yang Sering Diabaikan Orang Tua, Harus Ditegur!

Latifah ..
3 Perilaku Tidak Pantas Anak yang Sering Diabaikan Orang Tua, Harus Ditegur!
Ilustrasi anak marah (pexels.com/mohamed abdelghaffar)

Masa kanak-kanak merupakan masa keemasan di mana mereka menyerap begitu banyak hal dari sekitarnya yang nanti akan berguna bagi masa depannya. Itu sebabnya, sebagai orang tua hendaknya membiasakan berbagai hal baik sejak dini.

Begitu pula ketika si kecil melakukan kekeliruan, segera dibenahi agar ia tahu mana perilaku yang benar dan salah. Sayangnya, hal ini kadang gak dilakukan oleh orang tua. Mungkin karena menganggap wajar ataupun bukan sesuatu hal besar, tiga perilaku tak pantas berikut ini kerap diabaikan

1. Berbohong atau mengarang-ngarang cerita

Karena dianggap masih kecil, banyak orang tua yang mengabaikan ketika anak berbohong atau mengarang-ngarang cerita. Sebaiknya hal ini gak dilakukan, lho.

Kalau anak kedapatan berbohong, maka segera tegur dengan bahasa yang baik untuk tidak melakukannya lagi. Anak akan mudah jujur apabila kejujuran itu sudah ditanamkan sejak kecil.

Sering kali anak berbohong disebabkan takut dengan orang tua yang galak. Itu sebabnya, orang tua perlu berbenah diri untuk bisa mengendalikan emosi. Jangan sampai karena ulah orang tua sendiri, anak jadi tukang bohong.

2. Memotong pembicaraan

Nah, ini juga sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Ketika orang dewasa berbicara, si kecil akan berusaha memotong pembicaraan. Sikap seperti ini jangan dibiarkan, ya.

Kalau anak tidak diberi tahu bahwa perbuatan itu tidak sopan, sampai kapan pun ia akan melakukan hal sama. Khawatirnya perilaku tak pantas ini akan terus terbawa sampai dia besar. Tentu kamu gak mau, dong, si kecil tumbuh menjadi pribadi yang gak disukai banyak orang akibat dia sering memotong pembicaraan orang lain?

3. Tidak sabaran

Biasanya orang tua langsung terbirit-birit memenuhi permintaan anak karena ia tidak sabaran. Perilaku ini sebenarnya tidak pantas, lho, apalagi jika anak sampai berteriak-teriak segala.

Kamu perlu mempertimbangkan bagaimana masa depannya nanti. Jika sikap tidak sabarnya ini gak segera dibenahi, nantinya dia akan tumbuh jadi pribadi manja dan gak memiliki toleransi sama sekali. Apa yang dimau mesti didapat.

Sikap seperti itu akan menyulitkannya dalam menjalani kehidupan. Urusan percintaan berantakan karena pasangannya sering kesal dengan tingkahnya yang gak bisa sabar. Di dalam pekerjaan stuck karena setiap kali diberi tugas dan menghadapi rintangan langsung menyerah, karena dulunya terbiasa gak sabaran.

Itulah tiga perilaku tidak pantas anak yang sering diabaikan orang tua. Semoga dengan paparan tadi orang tua gak lagi mendiamkan ketika anak berlaku demikian, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak