facebook

3 Hal Ini Dapat Merusak Keharmonisan Hubungan Asmara, Jarang Disadari!

Rizky Melinda Sari
3 Hal Ini Dapat Merusak Keharmonisan Hubungan Asmara, Jarang Disadari!
Ilustrasi pasangan tidak harmonis (pixabay/Josethestoryteller)

Keharmonisan dalam sebuah hubungan asmara merupakan salah satu hal yang berusaha dipertahankan agar tetap terjaga dan tidak berubah. Namun, sering kali kita tanpa sadar melakukan berbagai hal yang justru dapat merusak keharmonisan hubungan.

Lamanya sebuah hubungan asmara yang telah terjalin tidak bisa menjamin bahwa keharmonisan tetap terjaga. Bahkan, semakin lama sebuah hubungan asmara berlangsung, tantangan dan rintangan yang dihadapi akan semakin besar dan berat. Berikut tiga hal yang justru dapat merusak keharmonisan hubungan asmara.

1. Enggan meminta maaf ketika salah

Perasaan setiap orang memang tidak bisa ditebak, oleh karena itu kita tidak tahu apa yang sebenarnya pasangan kita rasakan, meskipun kita telah bersama dengannya dalam waktu yang tidak singkat. Jika kita memang memiliki salah, tidak ada salahnya jika kita meminta maaf.

Daripada terjadi kesalahpahaman yang tidak kita inginkan, lebih baik mencegahnya sebelum terjadi. Meminta maaf terlebih dahulu bukan hal yang memalukan. Itu artinya kita justru mengakui kesalahan kita dan siap memperbaikinya.

2. Meremehkan kekecewaan pasangan

Masih berhubungan dengan poin pertama, jika kita enggan meminta maaf bahkan ketika kita salah, kita sudah meremehkan perasaan dan kekecewaan pasangan kita. Kita jadi menganggap enteng dan tidak penting perasaannya.

Tentu saja kita tidak bermaksud demikian. Namun seringkali kita melakukannya tanpa sadar. Inilah pentingnya terus belajar dan saling meningatkan untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

3. Menuntut pasangan untuk berubah

Kita tentunya ingin pasangan kita menjadi sosok yang lebih baik lagi. Tentu saja hal ini tidak salah, tetapi jika kita menuntutnya untuk menjadi orang lain, hal ini baru merupakan sebuah kesalahan. Setiap orang tidak akan bisa menggantikan orang lain, termasuk pasanganmu.

Jika kamu menuntut pasanganmu untuk berubah tetapi kamunya sendiri enggan dan tidak mau berubah, yang ada justru hubunganmu akan menjadi tidak harmonis karena hanya kamu yang menuntut kesempurnaan pada pasanganmu, sedangkan kamu sendiri tidak berusaha untuk berubah.

Itulah tiga hal yang sering dilakukan oleh pasangan yang justru dapat merusak keharmonisan. Jika kamu pernah atau sering melakukan beberapa hal di atas, mulai sekarang belajar untuk memperbaikinya sebelum terlambat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak