facebook

4 Tipe Pemilik Kos yang Tidak Disukai oleh Penghuninya, Bikin Nggak Betah!

Rania Erin Oktiara
4 Tipe Pemilik Kos yang Tidak Disukai oleh Penghuninya, Bikin Nggak Betah!
Ilustrasi orang frustasi (Pexels.com/David Garrison)

Pemilik kos yang baik dan bertanggung jawab akan disukai oleh para penghuni kamar dan tak jarang sebagian dari mereka merekomendasikan kos tersebut ke teman dekatnya. Namun, bagaimana jadinya apabila pemilik kos tersebut tidak peduli dengan huniannya? Tentunya hal itu membuat anak kos juga tidak betah dan lebih memilih untuk pindah kos yang lebih menguntungkan mereka. Berikut 4 tipe pemilik kos yang tidak disukai penghuninya. Bikin enggak betah tinggal di situ!

1. Terlalu ikut campur urusan pribadi anak kos

Setiap anak kos juga membutuhkan privasi atau ketenangan batin, yang berarti tidak semua hal harus diketahui oleh pemilik kos. Pemilik kos boleh saja protektif dengan penyewa kamarnya, namun jangan sampai mengusik kegiatan sehari-hari mereka sehingga membuat tidak nyaman. Misalnya tanya masalah pribadi keluarga anak kos dan menjadikannya bahan obrolan, selalu tanya pergi kemana saja setelah sampai di kos, atau hal lain yang bikin enggak nyaman.

2. Tidak mau tahu komplain anak kos

Pemilik kos harus bertanggung jawab atas hunian yang telah disewakan. Pemilik kos yang suka menutup telinga atas komplain para penyewanya juga membuat anak kos tidak betah dan merasa rugi telah membayarnya. Biasanya setelah itu kosnya akan sepi karena orang-orang memilih pindah dan ada image buruk yang tersebar dari kos tersebut.

3. Sering meminta biaya tambahan perbaikan kos

Segala kerusakkan yang disebabkan oleh faktor usia hunian bukanlah menjadi tanggung jawab anak kos. Namun, ada pula pemilik kos yang meminta biaya tambahan untuk perbaikan tersebut apabila ingin huniannya segera diperbaiki. Hal ini tentu membuat anak kos jadi kesal!

4. Terlalu perhitungan dan sering marah-marah

Pemilik kos boleh saja marah apabila penghuni atau penyewa kamarnya melakukan kesalahan fatal. Namun ada pemilik kos yang sensitif dan sering marah meskipun penghuninya merasa hal itu masih bisa dibicarakan baik-baik, hal ini akan mengganggu ketenangan anak kos lainnya yang tidak bersangkutan dan membuat bising.

Anak kos juga biasanya mengajak temannya untuk main ke tempatnya. Sikap pemilik kos yang terlalu perhitungan juga bikin enggak betah misalnya sering mengawasi dan segera menyuruh pulang orang yang masuk ke kamar kos selain penyewa yang dikhawatirkan ia akan menggunakan listrik secara berlebih dan lain sebagainya.

Demikian 4 tipe pemilik kos yang mayoritas tidak disukai oleh penyewa kamar yang bikin tidak betah untuk tinggal di tempat itu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak