facebook

4 Cara Menjadi Lebih Bertanggung Jawab dalam Hubungan, Benahi Komunikasi!

Susanti ..
4 Cara Menjadi Lebih Bertanggung Jawab dalam Hubungan, Benahi Komunikasi!
Ilustrasi pasangan (pexels.com/Katerina Holmes)

Rasa tanggung jawab berperan besar dalam menentukan suatu hubungan langgeng atau tidak. Rasa tanggung jawab akan mendorong pihak yang sedang menjalin hubungan untuk berupaya menjaga hubungan tetap berjalan semestinya.

Lalu, bagaimana caranya bila ingin menjadi lebih bertanggung jawab dalam hubungan asmara? Berikut ini akan diulas beberapa tipsnya. Mari disimak.

1. Benahi komunikasi

Apakah kamu dan pasangan sering saling mendiamkan kalau sedang marah? Nah, perilaku ini sebaiknya dihindari, deh.

Untuk menjadi lebih bertanggung jawab terhadap hubungan yang kalian jalani harus ada kesadaran untuk memperbaiki komunikasi. Dengan komunikasi yang lancar, maka hubungan pun bisa berjalan dengan harmonis karena minim pertengkaran akibat kesalahpahaman.

Maka dari itu, coba buat kesepakatan terhadap pasangan apabila ada hal yang bikin kalian kesal, disampaikan. Bukan saling diam. Karena hanya diam gak akan menyelesaikan apa pun, lho.

2. Menjaga komitmen

Dalam bidang apa pun kita dituntut berkomitmen. Misalnya, di dunia kerja kamu diminta bersikap profesional sebagai bentuk komitmen terhadap profesi yang dijalani. Maka, begitu pula dalam hubungan asmara.

Salah satu wujud rasa tanggung jawab bisa dilihat dari komitmen yang tinggi dalam menjaga hubungan cinta kalian tetap awet. Bentuk komitmen tersebut bisa diwujudkan dalam bentuk selalu menyediakan waktu untuk pasangan meski jadwal sibuk. Selalu ada untuk pasangan ketika ia sedang terpuruk, dan berbagai tindakan lain sebagai wujud menjaga komitmen.

3. Menjaga kejujuran

Kejujuran merupakan elemen krusial dalam hubungan asmara. Pasangan yang bertanggung jawab akan sadar bahwa setiap tindakan memiliki konsekuensi.

Itu sebabnya, salah satu hal yang selalu dijaga oleh pasangan yang bertanggung jawab, adalah tidak pernah berbohong kepada pasangan. Serapat-rapatnya menyimpan rahasia, sewaktu-waktu akan terkuak juga. Maka dari itu, jujur-jujur aja, deh.

4. Berhati-hati dalam berkata

Lidah bisa lebih menyakitkan daripada pisau. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam bertutur kata terhadap pasangan agar tidak sampai menyakitinya. Hal ini pun menjadi salah satu cara agar kamu bisa lebih bertanggung jawab di dalam hubungan.

Nah, itu dia sederet langkah yang dapat kamu lakukan untuk menjadi pasangan yang bertanggung jawab dalam hubungan. Selamat mencoba?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak