facebook

3 Hal Baik yang Harus Dibiasakan Saat Bangun Tidur, Sudah Melakukannya?

Athallah Hanan Adhasubhi
3 Hal Baik yang Harus Dibiasakan Saat Bangun Tidur, Sudah Melakukannya?
Ilustrasi bangun tidur. (pexels.com/Miriam Alonso)

Tidur merupakan cara alami tubuh untuk beristirahat pasca melakukan segala aktifitas dari pagi sampai menjelang malam hari. Umumnya, seseorang perlu tidur 6-8 jam per hari agar tubuh dapat beristirahat dengan baik. Tidur yang cukup dan nyenyak akan memberikan efek positif pada keesokan harinya.

Saat bangun tidur, seringkali kita hanya bermalas-malasan di kasur sambil bermain ponsel, bahkan sampai melewatkan sarapan. Hal ini merupakan kebiasaan yang kurang baik dan hendaknya kalian hindari saat bangun tidur. Terdapat beberapa hal yang sebaiknya kalian lakukan ketika bangun tidur di pagi hari agar dapat menjalani aktivitas harian dengan baik, lho. Berikut tiga hal baik yang harus dibiasakan saat bangun tidur.

1. Minum Segelas Air Putih

Saat tidur, tubuh tidak mendapatkan asupan dalam periode tersebut. Minum segelas air putih sehabis bangun tidur bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Karena saat tidur kita tidak memakan apapun, meminum segelas air putih dapat melancarkan proses pencernaan.

Minum air putih setelah bangun tidur juga dapat membuang racun di dalam tubuh. Bagi yang sedang diet, minum air putih setelah bangun tidur dapat membuat metabolisme menjadi aktif. Hal ini memungkinkan tubuh agar membakar kalori lebih banyak. Dengan minum air putih setelah bangun tidur, dapat terhindar dari penyakit ginjal dan menjaga cairan tubuh agar terhidrasi.

2. Sarapan dengan Makanan Bergizi

Umumnya, perut kita akan merasa lapar saat bangun tidur. Hal tersebut menandakan bahwa tubuh kita membutuhkan nutrisi. Dengan sarapan, tubuh kita akan mendapatkan nutrisi agar tubuh mendapatkan energi untuk beraktifitas di siang hari. Sarapan dapat membuat otak menjadi lebih fokus dan meningkatkan mood. 

Mengonsumsi oat, merupakan salah satu menu sarapan yang baik. Oat merupakan makanan berprotein tinggi  yang baik untuk pencernaan. Oat juga mengandung vitamin, mineral, dan karbohidrat kompleks yang baik untuk tubuh. Kalian bisa menambahkan topping seperti buah, kismis, atau madu untuk menambah kenikmatannya. Hindari makanan yang mengandung banyak gula saat sarapan.

3. Stretching

Saat tidur, tubuh cenderung dalam posisi miring atau terlentang yang dapat membuat tubuh menjadi kaku dan pegal. Biasanya, beberapa bagian tubuh seperti kaki dan pundak akan keram saat bangun tidur. Stretching sebelum sarapan dapat membuat tubuh menjadi menjadi rileks dan nyaman. Stretching dapat melemaskan otot yang kaku saat bangun tidur. Kalian dapat melakukan Cobra Stretch atau gerakan yoga lainnya. Stretching dapat membuat mood kalian lebih baik untuk menjalani aktifitas hari-hari.

Itulah tiga hal baik yang harus dibiasakan saat bangun tidur. Dengan melakukan hal tersebut secara rutin, tubuh kalian akan merasa segar dan siap melaksanakan aktifitas dengan baik. Perlu diingat, kurangi begadang dan bangun tidur pada siang hari demi menjaga kesehatan kalian!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak