facebook

5 Cara Mengatur Keuangan untuk Anak Kos agar Bisa Hemat dan Ditabung

Rania Erin Oktiara
5 Cara Mengatur Keuangan untuk Anak Kos agar Bisa Hemat dan Ditabung
Ilustrasi orang yang sedang berada di kos (Pixabay.com/SnapwireSnaps)

Anak kos perlu untuk mengatur keuangannya dengan baik. Hal ini digunakan agar uang tidak cepat habis dan bisa digunakan untuk satu bulan penuh. Saat mengatur keuangan, anak kos memerlukan 5 cara seperti ini yang bisa untuk dicoba!

1. Membuat daftar kebutuhan bulanan

Kamu perlu membuat daftar kebutuhan bulanan beserta harganya agar tidak ada yang terlewat atau membeli sesuatu secara berlebih. Cara ini berguna untuk mengingat barang apa saja yang akan dibeli saat belanja bulanan dan bisa mengendalikan pengeluaran dalam satu bulan. Alhasil, kamu masih bisa berhemat!

2. Membagi uang ke dalam beberapa aspek kebutuhan

Kamu juga perlu membagi uang ke dalam beberapa aspek kebutuhan seperti kebutuhan makanan, kebersihan diri dan tempat tinggal, dana transportasi, sewa kamar, listrik, dan kebutuhan untuk kuliah atau kerja. 

3. Menyisihkan uang untuk dana darurat

Setelah itu, jangan lupa menyisihkan uang untuk dana darurat. Uang untuk dana darurat ini tidak boleh kamu gunakan apabila situasi tidak dalam keadaan darurat atau sangat membutuhkan. Hal ini bertujuan agar kamu masih memiliki uang apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

4. Mengurangi membeli produk yang kurang penting atau tidak terlalu dibutuhkan

Kamu juga perlu mengurangi membeli produk yang kurang penting atau tidak terlalu dibutuhkan saat ngekos. Membahagiakan diri dengan membeli suatu barang memang boleh saja dilakukan, asal jangan terlalu sering. Hal ini akan membuatmu jadi orang yang suka foya-foya dan tidak bisa mengelola keuangan dengan baik. Selain itu, produk yang tidak terlalu dibutuhkan juga akan lama menganggur di kamar karena belum tahu pasti kapan akan digunakan.

5. Membuka rekening baru untuk menabung uang sisa

Bagi kamu yang sulit menahan diri untuk terus membelikan barang saat masih ada uang sisa, kamu bisa lakukan dengan cara membuat rekening baru untuk menabung uang yang tersisa. Cara ini bisa meminimalisir atau membuatmu berpikir ulang untuk menggunakan uang tersebut apabila sudah berada di rekening yang berbeda.

Nah, itu dia 5 cara mengatur keuangan untuk anak kos agar bisa hidup hemat dan menabung. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak