facebook

4 Cara Berhenti Jadi Orang Arogan, Kamu Bakal Disukai Banyak Orang!

Riva Khodijah
4 Cara Berhenti Jadi Orang Arogan, Kamu Bakal Disukai Banyak Orang!
Ilustrasi arogan (pexels.com/Anna Shvets)

Orang yang arogan biasanya merasa dirinya paling. Paling pintar, paling tahu segalanya, paling benar, dan paling-paling lainnya. Orang yang arogan umumnya disertai sikap merendahkan orang lain, dan inilah kenapa orang yang arogan biasanya banyak dibenci.

Lalu, gimana caranya agar bisa berhenti jadi orang arogan? Berikut akan dijelaskan beberapa tips yang dapat kamu coba. Mari disimak.

1. Renungi kekuranganmu

Boleh jadi disebabkan skill yang kamu miliki atau hal lain yang bisa dibilang jadi keunggulan, membuatmu lupa diri dan merasa seolah-olah manusia paling sempurna di muka bumi ini. Perasaan inilah yang kemudian mendorongmu menjadi arogan.

Untuk itu, hal penting yang perlu dilakukan, adalah coba lakukan refleksi diri dan renungi apa saja kekurangan yang kamu miliki. Ingat, lho, yang namanya manusia pasti ada cela. Maka dari itu, coba kenali lebih dalam apa saja kekurangan yang kamu punya, dengan demikian bisa menyadarkan kalau kamu gak sempurna.

2. Berhenti membicarakan prestasi

Merasa bangga terhadap prestasi yang sudah susah payah diraih sangatlah wajar. Hal itu bisa jadi wujud mengapresiasi diri sendiri.

Hanya saja, sebaiknya hentikan bila kamu sudah terlalu sering membicarakan prestasi tersebut di hadapan orang lain. Selain yang mendengarnya sudah bosan, kamu pun rawan dianggap arogan. Berhenti terus membicarakan prestasi di depan banyak orang juga bisa membantumu untuk bersikap lebih rendah hati, lho.

3. Jangan terlalu banyak bicara, cukup tunjukkan bukti

Sikap arogan biasanya hadir disebabkan ada hasrat untuk diakui. Hal ini sebenarnya sangat rentan membuat mentalmu jadi stres. Karena kebahagiaanmu jadi bergantung pada validasi orang lain.

Daripada begitu, mending cukup tunjukkan bukti saja jika memang kamu berprestasi. Gak perlu banyak koar-koar. Selain bisa melindungimu dari sikap tinggi hati, orang lain pun akan lebih respek dibanding kamu sendiri yang sibuk membicarakan prestasi tersebut.

4. Belajar menerima kritikan

Orang yang arogan biasanya anti kritik. Oleh sebab itu, cara terampuh dalam menghilangkan sikap arogan, yakni dengan belajar untuk menerima kritikan. Kritikan ini bisa berguna, lho, untuk menyadarkan bahwa kamu jauh dari kata sempurna, sehingga gak perlu sampai jadi arogan segala.

Nah, semoga penyampaian tadi bisa membantumu menghilangkan sikap arogan. Gak baik, lho. Jadi, jangan dipelihara, ya, sikap arogan tersebut kalau ingin disukai banyak orang.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak