facebook

4 Ciri Crab Mentality yang Bisa Menghambat Kesuksesan Orang Lain, Perlu Dihindari!

Andini Mayangpuri
4 Ciri Crab Mentality yang Bisa Menghambat Kesuksesan Orang Lain, Perlu Dihindari!
Ilustrasi kepiting. (istockphoto.com)

Apa yang akan terjadi bila sekumpulan kepiting disimpan di wadah terbuka? Sebagian dari mereka akan berusaha untuk kabur, bukan? Namun, setiap kali ada kepiting yang berusaha keluar dari wadah, kepiting-kepiting lain akan menariknya. Mereka tidak membiarkan kawannya bebas. 

Fenomena tersebut tidak jarang dijumpai dalam kehidupan manusia. Saat sedang berusaha meraih impian atau kesuksesan, ada saja orang yang akan berusaha menghambat kita. Dalam dunia psikologi, perilaku seperti itu dikenal dengan istilah crab mentality

Menyadur dari psychologytoday.com, crab mentality merupakan sebuah analogi dari perilaku egois seseorang yang iri terhadap kesuksesan orang lain. Serupa dengan kepiting yang tidak ingin melihat kawannya bebas. Entah menunjukannya secara terang-terangan atau tidak. Namun, yang jelas orang dengan crab mentality tidak akan suka melihat pencapaian orang lain. Lalu, apa saja ciri orang yang memiliki crab mentality? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

1. Selalu Merasa Paling Hebat

Memiliki kepercayaan diri yang tinggi merupakan sesuatu yang baik. Akan tetapi, terlalu percaya diri juga akan menyebabkan kamu merasa sombong. Orang dengan crab mentality merasa dirinyalah yang paling hebat. Juga cenderung suka merendahkan kemampuan orang lain. 

2. Senang Menjadikan Orang Lain sebagai Kambing Hitam

Karena merasa dirinya yang paling hebat, orang dengan crab mentality kerap kali menimpakan kesalahan kepada orang lain. Ia juga suka mengungkit kesalahan yang dilakukan orang lain, meski orang yang bersangkutan sudah meminta maaf dan memperbaiki kesalahannya.

3. Enggan Mengakui Kesalahan dan Meminta Maaf

Melakukan kesalahan merupakan sesuatu yang manusiawi. Tidak ada seorang pun yang tidak pernah melakukan kesalahan. Saat melakukan kesalahan kepada orang lain, kita perlu mengakuinya dan meminta maaf. Namun, orang dengan crab mentality memiliki ego yang tinggi. Sehingga ia tidak mau mengakui kesalahannya dan meminta maaf. 

4. Sulit Diajak Bekerjasama

Ketika bekerja dalam sebuah tim, tentu diperlukan kerjasama yang baik. Namun, orang yang memiliki crab mentality sulit untuk diajak kerjasama. Karena ia merasa kemampuannya lebih baik dan tidak percaya dengan kemampuan rekannya. Ia juga menganggap teman satu timnya sebagai saingan. Sehingga ia cenderung melakukan semua pekerjaan sendirian.  

Itulah 4 ciri orang yang memiliki crab mentality. Apakah kamu memiliki ciri-ciri tersebut? Jika iya, mulai sekarang, kamu perlu memperbaikinya, ya! Namun, jika jawabannya tidak, maka kamu perlu menghindar dari orang yang seperti itu. Karena ia akan menghambat kesuksesanmu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak