facebook

4 Perilaku Buruk yang Jadi Penghambatmu Mewujudkan Mimpi, Hindari!

Riva Khodijah
4 Perilaku Buruk yang Jadi Penghambatmu Mewujudkan Mimpi, Hindari!
Ilustrasi wanita berwajah muram (pexels.com/MBARDO)

Setiap orang boleh saja bermimpi. Akan tetapi, kenyataannya hanya sebagian kecil saja yang mampu mewujudkan impiannya.

Kenapa bisa seperti itu? Ada banyak faktor penentu. Salah satu yang berperan besar, adalah perilaku diri sendiri yang kerap malah jadi penghambat kamu mewujudkan mimpi.

Lalu, perilaku buruk apa saja yang dimaksud? Untuk tahu kelanjutannya, simak terus pembahasan di bawah ini.

1. Tak mau mengambil risiko

Di antara hal yang paling sering menjadi penghambat kesuksesan seseorang, yaitu ketakutan berlebih terhadap risiko. Misalnya, ada kesempatan untuk mendapatkan promosi jabatan tidak diambil disebabkan khawatir jika nantinya gak mampu melaksanakan tugas yang lebih berat. Padahal, kalau kamu dipelajari sebenarnya bisa.

2. Terlalu gegabah dalam mengambil risiko

Takut terhadap risiko bisa jadi penghambat meraih mimpi. Akan tetapi, terlalu gegabah juga gak kalah buruk dampaknya, karena bisa juga membuatmu sulit meraih impian.

Sebagai contoh, terlalu nafsu ingin menjadi pengusaha, kamu langsung buru-buru resign tanpa dimatangkan dulu bisnis yang hendak dijalani. Akhirnya, belum mencari tahu dengan benar, bisnis yang dijalankan pun gagal. Uang hasil tabungan ludes, pekerjaan pun sudah tidak punya.

3. Minimnya komitmen

Impianmu boleh besar, tapi tanpa disertai komitmen yang kuat akan sulit terwujud. Darimana tahunya kalau komitmenmu belum kuat? Terlihat dari mudahnya menyerah tiap kali alami kegagalan.

Baru gagal beberapa kali sudah merasa kalau jalan ini gak tepat untukmu. Padahal, di mana-mana yang namanya mewujudkan impian memang gak mudah. Harus melewati berbagai rintangan dulu baru bisa berhasil.

4. Menunda-nunda

Kebiasaan buruk yang paling sering ditemui di kehidupan sehari-hari, adalah menunda-nunda. Ingin memulai bisnis sendiri, dari dulu selalu alasannya ingin mencari waktu yang tepat.

Tahun demi tahun berlalu merasa belum bertemu juga waktu yang tepat. Bukan waktunya yang salah, melainkan kemauannya yang belum kuat, makanya jadi terus menunda-nunda.

Mewujudkan impian memang gak mudah. Butuh bangkit berkali-kali dari berbagai kekecewaan dan kegagalan demi meraihnya. Tapi, jika dijalani dengan konsisten, cepat atau lambat pasti akan tercapai juga. Jadi, tetap berusaha, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak