facebook

5 Alasan Penting Menjaga Tutur Kata Saat Bicara dengan Orang Lain

Rania Erin Oktiara
5 Alasan Penting Menjaga Tutur Kata Saat Bicara dengan Orang Lain
Ilustrasi orang ngobrol (Pexels.com/SHVETS production)

Manusia merupakan makhluk sosial yang dalam kehidupannya tentu melibatkan percakapan atau berinteraksi dengan sesama untuk mencapai tujuan tertentu. Adanya interaksi ini, menimbulkan persepsi orang lain dari sudut pandang positif ataupun negatif.

Untuk itu, menjaga ucapan saat bicara dengan orang lain sangat penting agar tidak menjadi salah paham dan maksud kita bisa tersampaikan dengan jelas. Ada 5 alasan penting harus menjaga tutur kata saat bicara dengan orang lain. Simak selengkapnya!

1. Agar tidak menimbulkan kesalahpahaman dan menyinggung

Tutur kata yang keluar dari mulut seseorang terkadang tanpa ia sadari telah membuat orang lain salah paham dan menyakiti hatinya. Oleh karena itu, sebelum mengucapkan sesuatu lebih baik dipikirkan dulu pantas atau tidaknya ucapan tersebut dilontarkan. Terkadang yang menurutmu sepele dan bisa dianggap bercanda, bukan berarti orang lain akan merasakan hal yang sama. Jadi, jangan asal tuduh orang baperan, ya!

2. Menjaga image diri di mata orang lain

Tutur kata merupakan cerminan diri seseorang yang bisa dinilai oleh orang lain. Orang bisa menilai baik atau buruk diri kita berdasarkan perilaku, kebiasaan, dan tentunya tutur kata. 

3. Segala ucapan yang keluar tidak bisa ditarik kembali

Alasan pentingnya menjaga tutur kata ialah segala ucapan yang telah dilontarkan ke orang lain tidak bisa ditarik kembali. Orang lain akan merasa sakit hati apabila perkataan kita menyakitkan. Kita merasa menyesal dan minta maaf sekalipun bisa jadi tidak akan mengurangi rasa sakit hatinya. Jadi, hati-hati, ya!

4. Menjaga hubungan baik dan terhindar dari perselisihan

Tutur kata juga bisa menjaga hubungan baik dengan orang lain. Orang lain akan merasa nyaman apabila ngobrol dengan kita. Adanya hubungan yang baik ini juga akan menjauhkan adanya perselisihan dengan orang lain. 

5. Arah pembicaraan menjadi jelas dan tujuan tersampaikan dengan baik

Selain itu, menjaga tutur kata membuat arah pembicaraan lebih jelas dan punya batasan antara yang perlu atau tidak untuk diucapkan. Dengan begitu, maksud dan tujuan interaksi dengan orang lain bisa tersampaikan dengan baik.

Itu dia 5 alasan penting harus menjaga tutur kata saat bicara dengan orang lain. Semoga bermanfaat! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak