facebook

3 Dampak Rasa Percaya Diri yang Rendah, Kamu Pernah Mengalaminya?

Rizky Melinda Sari
3 Dampak Rasa Percaya Diri yang Rendah, Kamu Pernah Mengalaminya?
Ilustrasi percaya diri (pixabay)

Hidup tanpa rasa percaya diri hanya akan membuat kita terus-menerus merasa minder dan kurang dari orang lain. Pentingnya membangun kepercayaan diri adalah sebagian bekal bagi kita untuk dapat menjalani hidup dengan baik dan bahagia.

Setiap manusia dilahirkan dengan berbagai kekurangan dan kelebihan yang sudah ditetapkan. Tugas manusia adalah menjalani hidup sebaik mungkin dengan memanfaatkan kelebihannya dan berusaha menerima serta memperbaiki kekurangannya.

Berdasarkan tulisan Handayani, V. V. (2020), ada beberapa dampak yang akan kita dapatkan jika rasa percaya diri dalam diri kita terus menurun. Apa saja dampak tersebut?

1. Meningkatkan risiko stres dan depresi

Perasaan selalu menganggap diri sendiri selalu kurang dari orang lain hanya akan membuat seseorang menjadi mudah stres dan rentan mengalami depresi.

Hal ini karena ia terus-menerus minder dan hanya fokus pada kekurangannya saja, sehingga ia tidak memiliki rasa percaya diri yang cukup. Perasaan minder yang terus tertumpuk hanya akan membuat seseorang semakin stres dan merasa tertekan.

2. Bermasalah pada interaksi sosial

Dampak atau akibat lainnya yang ditimbulkan dari rendahnya rasa percaya diri adalah perasaan minder ketika berinteraksi dengan orang lain.

Interaksi sosial pun jadi terganggu dan membuat seseorang tidak betah berbicara atau berhadapan dengan orang lain. Ia terus merasa bahwa dirinya kurang dan tidak pantas berbicara dengan lawan bicaranya.

3. Menghambat pencapaian

Dampak ketiga dari rasa percaya diri yang rendah adalah terhambatnya pencapaian dalam berbagai bidang, baik itu pendidikan, karier, hubungan pertemanan, hingga hubungan asmara.

Percaya diri merupakan salah satu modal utama agar kita bisa berbaur dan berinteraksi dengan orang lain. Pencapaian dan kesuksesan yang kita dambakan pasti memerlukan peran serta dari orang lain.

Itulah tiga dampak yang akan terjadi jika rasa percaya diri kita terlalu rendah atau terus mengalami penurunan. Sudah saatnya bagi kita untuk melatih dan memupuk rasa percaya diri kita. Hidup tanpa rasa percaya diri rasanya akan hampa dan tidak bermakna. Jadilah manusia yang hidup dengan penuh makna dan mampu menebarkan surat positif pada lingkungan di sekitarmu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak