facebook

4 Kualitas Mahasiswa yang Baik, Datang Kuliah Selalu Tepat Waktu!

Latifah ..
4 Kualitas Mahasiswa yang Baik, Datang Kuliah Selalu Tepat Waktu!
Ilustrasi mahasiswa (Pexels.com/Keira Burton)

Kalau berbicara mengenai jadi mahasiswa yang baik, mungkin kamu langsung berpikir tentang nilai IP yang tinggi. Sebenarnya gak juga, lho.

Menjadi mahasiswa yang baik gak selalu berkaitan dengan IP. Berikut beberapa kualitas yang bisa membuat dicap sebagai mahasiswa yang baik. Seperti apa? Mari simak pembahasannya di bawah ini.

1. Datang tepat waktu

Kenapa datang tepat waktu itu penting? Datang kuliah sesuai jadwal selain bisa menunjukkan keseriusanmu dalam belajar, juga dapat memberi pesan ke dosen mengenai attitude-mu.

Datang tepat waktu artinya kamu cukup menghormati dosen, sehingga sebisa mungkin gak sampai telat. Sebaliknya, jika datang ngaret bisa diartikan kalau kamu gak cukup respek sehingga datang seenaknya saja.

2. Rajin

Nilai Indeks Prestasi memang penting. Tapi, hal yang penting dari IP bukan nilainya itu sendiri. Melainkan usaha yang diperlukan untuk meraihnya.

Untuk mendapatkan IP tinggi tidaklah mudah. Kamu perlu belajar dengan rajin agar bisa meraih nilai yang bagus. Maka dari itu, jangan berpatokan pada nilainya, melainkan usahanya. Nilai akan mengikuti, kok.

3. Gigih

Gak sedikit mahasiswa yang kehilangan semangat belajarnya di tengah proses studi. Sangat disayangkan banget, bukan, mengingat untuk masuk kuliah dibutuhkan perjuangan yang gak sedikit.

Pengorbanan biaya itu sudah pasti. Belum lagi pengorbanan waktu yang kamu habiskan demi bisa memasuki universitas yang kamu inginkan. Tentu sangat disayangkan bila semua itu menjadi sia-sia akibat kamu sudah menyerah dengan berbagai kesulitan ketika menjalani kuliah.

Maka, cobalah bangun mental baja dengan gigih dan tak menyerah terhadap berbagai rintangan selama proses kuliah. Kalau terus berusaha, lama-lama juga gak kerasa kalau kamu sudah mendekati waktu kelulusan. Jadi, sabar saja, ya.

4. Jujur

Memperoleh nilai tinggi memang bisa bikin kamu sendiri dan orangtua bangga. Akan tetapi, percuma saja bila cara meraihnya salah. Misalnya, dengan menyontek.

Cobalah latih kejujuran, dan bikin dirimu sendiri bangga dengan hasil yang diraih lewat proses yang benar. Gapapa jika nilainya gak tinggi-tinggi banget, yang penting mendapatkannya jujur.

Gimana, dari uraian tadi apakah kamu termasuk mahasiswa yang baik? Kalau belum, cobalah mulai sekarang latih berbagai kualitas yang sudah disebutkan tadi, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak