facebook

5 Kebiasaan Anak Kos yang Sulit Dilakukan saat di Rumah, Enggak Bisa Bebas

Rania Erin Oktiara
5 Kebiasaan Anak Kos yang Sulit Dilakukan saat di Rumah, Enggak Bisa Bebas
Ilustrasi orang tidur (Pixabay.com/Claudio_Scott)

Anak kos tentu memiliki rutinitas atau kebiasaan tersendiri ketika mereka jauh dari keluarga. Hal ini akan menjadi sulit dilakukan apabila mereka memutuskan untuk pulang ke rumah dan kembali menyesuaikan diri dengan peraturan di rumah yang tidak sebebas saat di kos.

Tak jarang, anak kos merasa ingin cepat kembali ke kos dan melakukan rutinitas seperti biasa. Inilah 5 kebiasaan anak kos yang sulit dilakukan saat di rumah.

1. Tidak bisa begadang hingga larut malam dan bangun siang hari

Biasanya anak kos suka begadang entah menonton bola, streaming youtube, menonton film, atau main media sosial sehingga bisa bangun kesiangan. Namun, rupanya hal ini sulit untuk dilakukan saat di rumah. Terlebih punya keluarga yang selalu tepat waktu dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Duh, pasti rasanya enggak bebas.

2. Tidak bisa jarang mandi

Bukan jadi rahasia umum lagi kalau banyak anak kos yang jarang mandi saat di kos. Kalau sudah di rumah, hal ini juga sulit dilakukan terlebih semua orang rumah selalu mengingatkan untuk mandi terus-menerus. Tidak hanya itu, biasanya anak yang jarang mandi akan dicap pemalas oleh keluarganya.

3. Harus disiplin membersihkan kamar

Kalau lelah di kos biasanya bisa menunda waktu untuk membersihkan kamar. Namun saat di rumah, semuanya harus terlihat bersih dan rapi agar tidak kena omelan orang tua.

4. Tidak bisa bersantai terlalu lama sambil main ponsel

Anak kos akan merasa bebas melakukan aktivitas apa saja saat jauh dari rumah. Termasuk bersantai sambil main ponsel dalam waktu yang lama bahkan hingga tertidur.

Akan tetapi, kalau di rumah jadi enggak bisa melakukannya lantaran harus membantu orang tua atau melakukan kegiatan lainnya yang lebih bermanfaat. Kalau sampai ketahuan main ponsel terus, bisa kena omel lagi!

5. Tidak bisa makan atau jajan sembarangan

Anak kos juga bebas membeli makanan apa saja tanpa ada yang melarang. Berbeda dengan saat di rumah, mau beli makanan saja pasti ada yang tanya dan tak jarang ada keluarga yang melarang karena bisa menimbulkan penyakit. Tak jarang, anak kos akan melampiaskan membeli semua makanan yang diidamkan saat kembali ke perantauan.

Nah, itulah 5 kebiasaan anak kos yang sulit dilakukan saat di rumah. Kamu juga pernah begini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak