facebook

6 Etika saat Makan di Tempat Umum, Biar Tetap Sopan

Rania Erin Oktiara
6 Etika saat Makan di Tempat Umum, Biar Tetap Sopan
Ilustrasi makan di tempat umum (Pexels.com/Nicole Michalou)

Makan di luar rumah lumrah dilakukan oleh setiap orang apabila sedang malas memasak, ingin makan dengan suasana yang berbeda, dan lain sebagainya. Makan di tempat umum sama nikmatnya seperti saat makan di rumah.

Hanya saja, makan di tempat umum memerlukan etika supaya tidak mengganggu orang lain yang bisa membuat image diri menjadi buruk. Berikut ada 6 etika saat makan di tempat umum agar tetap sopan. Simak selengkapnya!

1. Budayakan antre

Orang yang memilih makan di tempat umum harus memahami adab antre untuk menunggu giliran memilih menu, membayar, dan menunggu makanan disajikan di meja. Terlebih apabila resto sedang ramai, maka itu sudah menjadi resiko yang tidak perlu untuk dikeluhkan. 

2. Tidak merebut tempat duduk orang lain

Meminta tempat duduk orang lain boleh saja dilakukan, asalkan tetap izin terlebih dulu. Jangan menyalip orang lain yang hendak menduduki kursi tersebut. Carilah tempat duduk yang kosong lainnya, atau cari tempat makan lain yang tidak terlalu ramai.

3. Tidak mengeluarkan suara saat mengunyah

Salah satu etika yang perlu diperhatikan saat makan ialah tidak mengeluarkan suara saat mengunyah. Suara kunyahan itu bisa mengganggu orang lain dan bikin nafsu makan menurun. Apabila kamu sering melakukannya di rumah, maka jangan dibiasakan melakukan hal ini saat makan di tempat umum. Berlatihlah untuk mengunyah tanpa mengeluarkan suara.

4. Sendok jangan sampai terkena piring

Selain itu, jangan sampai sendok terkena piring dan menimbulkan bunyi yang bikin berisik. Sendoklah makanan dengan pelan untuk meminimalisir bunyi tersebut. Hal ini penting dilakukan agar tidak mengganggu kenyamanan orang lain saat makan.

5. Jangan menaikkan kaki di atas kursi

Apabila kamu sering makan sambil menaikkan kaki di atas kursi, maka jangan lakukan hal ini saat makan di tempat umum. Tindakan ini sangat tidak sopan dan mengundang gunjingan dari orang lain. Selain di tempat umum, berlaku juga apabila sedang bertamu di rumah orang lain.

6. Tidak komplain sambil marah-marah

Punya perasaan kecewa saat makanan tidak sesuai yang dipesan boleh saja diutarakan. Hanya saja harus menggunakan bahasa yang sopan dan tidak perlu menaikkan suara untuk memarahi pelayan. Selain mengganggu sekitar, kamu bisa dipandang buruk oleh orang lain dan mempermalukan diri sendiri.

Nah, itu dia 6 etika saat makan di tempat umum agar tetap sopan. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak