facebook

4 Tips Memperjuangkan Mimpi agar Bisa Terwujud, Abaikan Kritikan Destruktif

Latifah ..
4 Tips Memperjuangkan Mimpi agar Bisa Terwujud, Abaikan Kritikan Destruktif
Ilustrasi wanita di depan laptop (Pexels.com/Vlada Karpovich)

Keraguan dalam diri sendiri, ketakutan untuk mengambil risiko, atau bisa pula tidak memiliki mentor yang mengarahkan adalah beberapa hal yang bisa jadi penghambat seseorang mewujudkan impiannya. Namun, kamu jangan berkecil hati. Setiap orang berhak dan bisa, lho, mewujudkan mimpinya.

Terus, gimana cara memperjuangkan impian agar dapat tercapai? Berikut akan diulas beberapa tipsnya. Disimak terus, ya.

1. Kenali lebih dalam dirimu sendiri

Sebenarnya ada pula hal lain penyebab seseorang sulit mewujudkan mimpi, yakni belum benar-benar mengetahui sebenarnya apa yang diinginkan. Itu sebabnya, usaha dalam meraih impian pun jadi setengah-setengah.

Maka dari itu, penting sekali bagimu lebih mengenal diri sendiri. Dengan demikian, kamu jadi tahu apa yang benar-benar ingin dilakukan atau dicapai dalam hidup ini, serta alasannya. Alasan yang kuat akan bisa jadi jangkar untuk bertahan ketika berbagai rintangan menghadang.

2. Abaikan kritikan destruktif

Langkah apa pun yang kamu ambil dalam hidup ini jangan harap akan selalu berjalan mulus. Pasti ada saja yang tidak setuju dan gak ragu untuk mengkritikmu.

Kritikan sebenarnya bagus, karena bisa dijadikan bahan masukan untuk perbaikan. Hanya saja, kamu perlu berhati-hati dalam memilah kritikan. Tanggapi kritikan yang membangun, dan abaikan saja kritikan yang bersifat destruktif atau merusak, karena hanya bisa menghambatmu meraih impian.

3. Mau untuk belajar

Langkah penting selanjutnya agar bisa mewujudkan mimpi, yaitu kemauan kuat untuk belajar. Namanya skill akan terus berubah, sehingga kamu perlu terus mengembangkan diri.

Bahkan ketika impianmu sudah tercapai pun tetap mesti belajar dan memperbaharui kemampuan. Kalau enggak, maka bisa-bisa skill yang sudah kamu kuasai akan tergilas oleh zaman. Sudah gak update lagi!

4. Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang positif

Akan sulit sekali meraih mimpi apabila lingkunganmu tidak kondusif, terutama bagi kondisi mental. Bakal susah untuk berpikir positif jika setiap hari selalu dikelilingi dengan orang-orang yang pesimis dan tukang mengeluh.

Oleh karena itu, coba pindah lingkaran pertemanan apabila dirasakan yang ada saat ini berpengaruh negatif. Cari lingkungan pergaulan yang lebih positif, ya.

Itu dia beberapa tips agar kamu bisa mewujudkan mimpi. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak