facebook

5 Kebiasaan yang dapat Menambah Kecerdasanmu, Apa Saja?

Vivia Lintang
5 Kebiasaan yang dapat Menambah Kecerdasanmu, Apa Saja?
Ilustrasi berdiskusi (Pexels.com/fauxels)

Untuk menambah kecerdasan otak, kita kerap kali mengupayakan banyak hal untuk dihabiskan. Mungkin kamu bisa menghabiskan seharian penuh untuk belajar sains, atau membaca tumpukan buku filsafat di meja belajarmu.

Tahu nggak, sih? Ternyata ada kebiasaan-kebiasaan sederhana yang dapat membantu untuk meningkatkan kecerdasan otak kita. Kira-kira apa saja, ya?

1. Memperbanyak Kosakata

Kamu dapat melakukan hal yang pertama ini dengan mudah. Untuk kamu yang suka membaca hal ini begitu menguntungkan, karena selain bermanfaat juga membantu menambah kosakata milikmu.

Mungkin ini terdengar receh, tetapi hal ini tetap dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak. Mengapa bisa? Saat kamu membaca, kamu akan menemukan banyak kosakata baru termasuk istilah-istilah unik yang bisa saja belum pernah kamu dengar sebelumnya. 

Dari sini, kamu tentu memiliki rasa penasaran sehingga memutuskan untuk mencari tahu, efektif kan?

2. Membaca Berbagai Topik Pengetahuan

Misalnya, kamu suka membaca berita di portal online dengan topik politik. Sekarang coba bayangkan, saat kamu membaca 3-5 berita lain dengan topik sports, edukasi, bahkan kesehatan yang tidak sengaja kamu gulir setelah berita politik, apa yang kamu dapatkan? Kamu tentu saja akan mendapat pengetahuan baru yang mungkin saja belum kamu ketahui.

Membaca berbagai topik pengetahuan selain bidang yang digeluti adalah hal yang tetap bisa kamu lakukan, selain menambah wawasanmu, kamu juga semakin banyak tahu tentang berbagai hal baru sehingga yang satu ini dapat kamu coba!

3. Berpikir Lebih Jauh dari Biasanya

Melatih otak untuk berpikir kritis dapat menambah kecerdasanmu. Jika biasanya kamu akan menemukan pertanyaan yang mengandung 'Apa?' saja dalam suatu pertanyaan, coba latih otakmu untuk meruntut kemungkinan lain. 

Kamu bisa mulai dengan kata, 'jika bisa seperti ini, apa yang menyebabkannya?' ditambah menjadi 'siapa yang telah menyebabkan hal ini terjadi?' 

Jika perlu tanyakan berbagai hal mulai dari 5W+1H sehingga otakmu akan terlatih untuk berpikir kritis dan terasah lebih jauh lagi.

4. Bergaul dengan Orang Cerdas

Hal ini akan sama bergunanya dengan kamu yang menghabiskan 2 jam sendirian untuk belajar! Percaya, saat kamu bergaul dengan kumpulan orang cerdas kamu akan tergabung dengan diskusi berbobot mereka.

Jika diperlukan, tanya hal-hal yang selama ini mengganggu pikiranmu atau hal lain yang dapat membuat pembahasan kalian berjalan lama. Semakin lama mereka menyuarakan opininya, maka kemungkinan besar semakin banyak pula hal-hal baru yang akan kamu dapat juga!

5. Menonton Video YouTube Edukasi

Telah banyak ilmu pengetahuan yang dapat kita akses di jaman digital kini. Tidak sedikit pula channel YouTube dengan topik video edukasi yang berguna untukmu.

Kamu bisa mulai menonton berbagai channel YouTube mulai dari ilmu sosial, learning english, sejarah, olahraga, bahkan tips and trick yang dapat kamu akses secara gratis di YouTube!

Itu dia 5 kebiasaan yang menambah kecerdasan otak yang dapat kamu coba mulai sekarang.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak