facebook

5 Saran untuk Kamu yang Belum Menikah

Mutami Matul Istiqomah
5 Saran untuk Kamu yang Belum Menikah
ilustrasi seseorang sendirian. (freepik.com/freepik)

Banyak orang yang pusing karena belum juga menikah. Hal itu biasanya disebabkan oleh pengaruh lingkungan dan juga pandangan mengenai usia yang tidak lagi muda.

Pada kehidupan nyata, banyak orang merasa sulit untuk bertemu jodohnya. Biasanya karena sulit terbuka dengan orang lain, punya pengalaman masa lalu yang kurang baik, sampai merasa ragu dalam memulai segala sesuatu. 

Berikut ini merupakan beberapa saran untuk kamu yang belum menikah

1. Hubungi si dia kalau kamu memang ingin dekat 

Kalau kamu ingin dekat dengan seseorang, maka kamu harus berusaha untuk mendekatkan dirimu kepadanya. Salah satunya adalah menghubungi atau membangun komunikasi yang baik. Istilahnya adalah PDKT

Kalau kamu terus menerus jual mahal dan ingin dikejar, belum tentu dia akan memahami harapanmu. Sangat mungkin untuk kamu keduluan orang lain. 

2. Obrolin apapun

Kamu mungkin merasa bingung ketika harus memulai obrolan bersamanya, maka hal apa yang harus kamu jadikan topik obrolan. Padahal, apapun bisa, kok! Mulai dari perkenalan singkat, bercanda mengenai beberapa hal, membahas kesukaan, dan lain sebagainya. 

Kalau kamu menunggu si dia untuk memulai komunikasi, sangat mungkin kalau dia melupakanmu yang baru ditemuinya itu. Jadi, jangan ragu untuk menyapanya terlebih dulu. 

3. Lebih terbuka

Cobalah untuk menjadi seseorang yang lebih terbuka dan membuatnya merasa nyaman. Tidak mudah, tapi kamu pasti bisa. Kalau sudah saling merasa nyaman, bukankah lebih mudah untuk lanjut ke step berikutnya. Tapi kuncinya, kamu dan si dia harus saling terbuka. 

Kalau tidak bisa saling terbuka, bagaimana mau mengenal satu sama lain, mau nyaman, memahami, dan lain sebagainya. Jadi, yuk mulai untuk lebih membuka diri dan membangun hubungan yang lebih seru dan menyenangkan. 

4. Jalin hubungan sesuai dengan nilai yang dipercaya

Kalau kamu dan dia nyaman dengan hubungan pertemanan, kenapa harus memaksa untuk jadian? Banyak lho mereka-mereka yang berteman, namun menikah. Yang penting sama-sama nyaman dalam menjalani hubungan itu. 

Kalau kamu terkesan sangat tergila-gila, kamu justru akan menutup beberapa peluang karena dia akan merasa ilfeel dengan kamu atau menganggapmu tidak bisa menjadi teman yang baik karena tidak menghargai keputusannya. Jadi, jalani aja dulu!

5. Dengarkan hati

Kalau hatimu sudah merasa tepat, apalagi orang tua dari kalian sama-sama mendukung, maka cobalah untuk memulai membicarakan mengenai masa depan. 

Ya, segala sesuatu memang harus terlebih dulu dibicarakan. Bagaimana masa depan versimu dan versinya, apa yang kamu harapkan, apa yang tidak kamu suka, mau jadi pasangan yang seperti apa, dan lain sebagainya. Kamu harus mulai membicarakan sesuatu dengan serius.

Itu dia 5 saran untuk kamu yang belum menikah. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak