facebook

Ingin Jadi Siswa yang Aktif di Kelas? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan!

Vivia Lintang
Ingin Jadi Siswa yang Aktif di Kelas? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan!
Ilustrasi siswa aktif. (Pexels.com/Tima Miroshinichenko)

Suasana kelas umumnya akrab dengan berbagai pertanyaan yang dilontarkan oleh guru atau sebuah diskusi yang terjadi antara guru dengan siswanya, atau siswa dengan sesamanya.

Suasana kelas seperti ini akan terjadi saat pembelajaran terlaksana secara aktif, hubungan antara guru dan siswanya berjalan searah.

Menjadi siswa aktif tentu hal yang banyak diinginkan para pelajar, tidak hanya dikenal guru, kadang-kadang juga mendapat nilai plus karena perannya yang membuat pembelajaran berjalan lebih efektif. 

Untuk kamu yang ingin menjadi siswa aktif di kelas dan bingung mulai dari mana, simak beberapa cara di bawah ini yang dapat membantumu.

1. Fokuskan Diri dalam Kegiatan Pembelajaran

Saat akan memulai pembelajaran, pastikan dirimu telah siap terlebih dahulu. Mulai dari hal-hal kecil, seperti buku yang telah tertata rapi atau sarapan pagi yang tidak kamu lewatkan. 

Usahakan minimalisir hal-hal yang sewaktu-waktu dapat memecah konsentrasimu saat pelajaran karena hal ini dapat membuat alih fokusmu keluar dari apa yang diterangkan pengajar. 

Fokuskan dirimu seluruhnya kepada pelajaran yang akan diajarkan di depan oleh guru agar kamu dapat memahami materi dengan baik.

2. Pelajari Materi yang akan Diajarkan Terlebih Dahulu

Agar pembelajaran lebih optimal, baiknya kamu mengerti tentang materi apa yang akan dibahas nanti. Hal ini sangat membantu karena saat sewaktu-waktu guru memintamu untuk menjawab pertanyaan atau memberi pendapat tentang hal yang dijelaskan kamu telah memiliki persiapan yang matang.

Jadi, komunikasi dua arah antara guru dan siswa dapat berjalan dengan lancar, bonusnya kamu akan tampak aktif dalam pembelajaran!

3. Buat Daftar Pertanyaan yang akan Diajukan

Saat kamu merasa ada hal yang perlu ditanyakan, kamu dapat membuatnya menjadi daftar terlebih dahulu agar tidak menganggu waktu guru yang menerangkan.

Daftar pertanyaan yang telah kamu siapkan dapat kamu tanyakan langsung saat sesi tanya jawab dan diskusi telah dibuka.

4. Percaya Diri saat Bertanya, Menjawab, dan Memberi Opini

Jika kamu masih merasa minder atau takut salah, kamu selamanya tidak akan bisa menjadi siswa yang aktif. Perlu kamu tahu kalau percaya diri itu sangat penting. 

Tanyakan hal yang memang kamu kehendaki terakit pelajaran yang diajarkan, jangan pernah takut untuk bertanya karena hal ini penting untuk kamu lakukan jika memang ada hal yang belum kamu pahami.

Begitu pula saat ada pertanyaan yang dilontarkan kepadamu, kamu harus percaya diri ketika akan mengemukakan jawaban milikmu atau pendapatmu mengenai topik yang ditanyakan. Jangan pernah takut untuk salah saat kamu belum mencoba.

Saat kamu memberikan jawaban atau opinimu tentang pembelajaran, guru akan mengerti bahwa kamu memang sejak tadi mengikuti pembelajaran secara penuh, apalagi saat kamu berani untuk banyak bertanya.

5. Lakukan Diskusi dengan Teman Sejawat

Diskusikan berbagai pertanyaan dan pelajaran yang kamu dapatkan dengan teman sekelasmu. Saat sesi diskusi dibuka, kamu dapat langsung melakukan diskusi tentang topik-topik yang relevan dan mengatakan pendapatmu mengenai hal yang dibahas. 

Ingat! Jangan pernah takut untuk bergabung, karena hal ini akan begitu terlihat sebagai nilai keaktifanmu sebagai siswa di dalam kelas.

Itu dia 5 hal yang dapat kamu lakukan untuk menjadi siswa yang aktif dalam kelas.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak