facebook

5 Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri, Wajib Diterapkan Mulai Sekarang

Rizky Melinda Sari
5 Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri, Wajib Diterapkan Mulai Sekarang
Ilustrasi believe yourself (pixabay)

Seperti kita ketahui bersama, rasa percaya diri merupakan salah satu hal yang paling berpengaruh bagi kepribadian kita di mata orang lain. Tanpa sikap percaya diri yang baik, kita akan dianggap remeh dan tidak bisa ikut berkontribusi dalam sesuatu. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk melatih dan meningkatkan rasa percaya diri kita. Berikut ini adalah beberapa tips dan cara yang bisa kamu coba untuk meningkatkan rasa percaya dirimu.

1. Membangun pola pikir positif

Sikap minder atau tidak percaya diri biasanya muncul karena berbagai pikiran negatif, seperti takut salah berbicara di depan orang, takut dinilai sebelah mata, takut tidak dianggap, dan lain sebagainya.

Langkah pertama untuk meningkatkan percaya diri adalah dengan mengganti pikiran negatif dengan pola pikir yang positif.

2. Kenali kekurangan dan kelebihan diri

Dengan mengenali kekurangan dan kelebihan, kita bisa membuat diri kita menjadi sosok yang lebih baik. Kita tahu letak kekurangan kita, jadi kita akan berusaha memperbaikinya agar tidak mengurangi rasa percaya diri. Kita juga tahu kelebihan diri, sehingga tidak lagi merasa minder.

3. Berhenti membandingkan

Pemicu lainnya dari rasa minder yaitu kita cenderung selalu membandingkan diri kita dengan orang lain. Mulai dari fisik, kepintaran, kekayaan, bahkan hobi. Padahal, kita adalah makhluk yang unik dan hanya ada satu di dunia.

Tidak usah membandingkan diri sendiri dengan orang lain, lebih baik fokus mengembangkan apa yang menjadi potensi kita di masa depan.

4. Berteman dengan lingkungan yang positif

Tips keempat untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah dengan berteman di lingkungan yang positif. Jika kita bergaul dengan orang-orang yang percaya diri, kita juga akan merasakan hal yang sama.

Lingkungan memegang peranan yang cukup penting bagi perkembangan pribadi seseorang.

5. Mengikuti kegiatan sosial yang bermanfaat

Tips terakhir untuk meningkatkan rasa percaya diri yaitu dengan mengikuti berbagai kegiatan sosial yang bermanfaat.

Selain bisa membantu orang lain, kita juga bisa meningkatkan berbagai soft skill seperti berinteraksi, menyampaikan pendapat, dan lain sebagainya. Dengan demikian, kita bisa menjadi lebih percaya diri.

Itulah lima tips atau cara yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar rasa percaya dirimu terus berkembang dan meningkat. Tertarik untuk menerapkannya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak