facebook

4 Hal yang Perlu Kamu Berhenti Lakukan Saat Usia Menginjak 30 Tahun

Latifah ..
4 Hal yang Perlu Kamu Berhenti Lakukan Saat Usia Menginjak 30 Tahun
Ilustrasi tatapan wanita (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Jelas usia 30 tahun biasanya seseorang sudah dianggap dewasa. Ada banyak hal yang semestinya tak dilakukan lagi demi kehidupan yang lebih baik. Lalu, hal-hal apa saja yang sebaiknya berhenti untuk dilakukan saat usia menginjak 30 tahun? Berikut akan diulas lebih lanjut. Simak terus, ya.

1. Hentikan kebiasaan negative talk

Apakah kamu masih sering berbicara buruk terhadap diri sendiri? Sering menghakimi atau melakukan sabotase terhadap diri sendiri dengan berbagai perkataan negatif? Jika iya, ada baiknya kebiasaan itu mulai kamu hentikan, deh.

Apa yang kamu katakan terhadap diri sendiri bisa berpengaruh besar terhadap hidup, lho. Sebagai contoh, jika kamu keseringan berkata “gak bisa”, maka kemungkinan besar hidupmu bakal stuck. Kenapa? karena setiap kali ingin mencoba sesuatu yang kamu inginkan, ada mental block ‘gak bisa’ akibat terlalu sering berkata seperti itu ke diri sendiri.

2. Berhenti hidup hanya mengandalkan gaji

Saat masih muda mungkin kamu gak begitu mengkhawatirkan persoalan uang. Akan tetapi, semakin dewasa hendaknya kamu harus mulai berpikir serius mengenai uang.

Ingat, lho, semakin bertambah usia dan dengan tanggung jawab semakin besar, misalnya kamu bakal berkeluarga maka besar pengeluaran akan semakin tinggi. Itu sebabnya, mulai saat ini harus berhenti hidup hanya mengandalkan gaji.

Kamu mesti memikirkan bagaimana caranya menciptakan penghasilan tambahan dan sumber pendapatan di luar gaji agar kondisi finansialmu aman. Aman bagi diri sendiri, aman pula bagi keluargamu nanti.

3. Berhenti mengabaikan nikmat sehat

Nikmat sehat itu gratis. Dan umumnya yang gratis itu tidak dihargai, tak terkecuali dengan nikmat kesehatan. Biasanya orang baru sadar bahwa nikmat sehat itu sangat berharga ketika sudah sakit.

Jangan tunggu sampai menyesal dulu baru aware terhadap kesehatan. Jelang usia 30 tahun ini bisa kamu jadikan momen berharga untuk lebih peduli lagi terhadap kesehatanmu dengan tidak mengabaikan dan menjaganya dengan benar. Kesehatan itu aset berharga, lho.

4. Melakukan hal yang gak kamu sukai

Manusia dianugerahi akal yang punya potensi luar biasa untuk mengubah nasib. Oleh karena itu, jangan terus bertahan pada hal yang gak kamu sukai.

Cobalah berani keluar dari zona nyaman untuk mencoba hal-hal yang selama ini kamu inginkan. Melakukan sesuatu yang kamu suka pasti hasilnya akan lebih bagus daripada melakukan sesuatu karena terpaksa, lho.

Itu dia empat hal yang sebaiknya kamu berhenti lakukan jelang usia 30 tahun. Gimana, sudah siap?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak