facebook

5 Tips Menumbuhkan Self Love, Sudahkah Kamu Terapkan?

Rizky Melinda Sari
5 Tips Menumbuhkan Self Love, Sudahkah Kamu Terapkan?
Ilustrasi love self (pixabay)

Self love merupakan salah satu upaya dari diri kita untuk kita sendiri agar lebih mencintai dan menerima segala hal yang ada pada diri kita. Self love berbeda dengan egois. Kita harus bisa membedakan keduanya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan sisi self love dalam diri kita.

Berikut ini 5 tips atau cara yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan self love yang positif.

1. Kenali diri

Tips pertama adalah dengan mengenali diri sendiri terlebih dahulu dengan tepat dan benar. Cari tahu apa kelebihan, kekurangan, hal-hal yang membuat kita senang, hobi, dan lain sebagainya. Mengenali diri sendiri dapat menjadi langkah awal kita untuk menerapkan self love.

2. Fokus pada masa kini dan masa depan

Apa yang terjadi di masa lalu pada akhirnya hanya akan menjadi kenangan tanpa bisa kita ubah. Fokuslah pada masa kini, momen ini, ketika kita masih bisa menentukan pilihan untuk menjalani hidup dengan bahagia. Jangan lupa untuk mempersiapkan masa depan dengan baik sembari menikmati masa kini yang akan segera menjadi masa lalu.

3. Peduli kebutuhan dasar

Setiap manusia pasti memiliki kebutuhan dasar terkait kehidupannya sebagai makhluk hidup, di antaranya makan, minum, istirahat, berteman, dan lain sebagainya. Langkah awal untuk menerapkan self love adalah dengan peduli dan memenuhi kebutuhan mendasar kita sebagai manusia.

4. Beri batasan pada hal yang merugikan

Main game tanpa henti, memandangi media sosial sampai lupa waktu, bahkan bekerja tanpa istirahat merupakan sikap yang menunjukkan bahwa kita tidak menerapkan self love. Kita harus bisa memberi batasan pada hal-hal yang merugikan dan membawa dampak negatif bagi diri kita sendiri.

5. Memaafkan diri dan belajar dari kesalahan

Tips terakhir untuk menumbuhkan self love adalah dengan memaafkan segala kesalahan diri dan masa lalu yang kurang menyenangkan. Kita bisa belajar dari kesalahan di masa lalu untuk lebih menyayangi dan memperbaiki diri.

Itulah lima tips yang bisa kamu terapkan untuk menumbuhkan dan menerapkan self love dalam kehidupan sehari-hari. Kamu sudah melakukan yang mana saja?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak