facebook

5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan dalam Hidup agar Menjadi Lebih Bahagia

Vivia Lintang
5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan dalam Hidup agar Menjadi Lebih Bahagia
Ilustrasi bahagia. (Pexels.com/Belle Co)

Kata 'bahagia' memang tak memiliki takaran yang pasti karena standar bahagia setiap orang berbeda. Kamu pasti pernah dengar bahwa bahagia itu asalnya dari diri kita sendiri, apakah saat ini kamu telah mencapainya?

Jika kamu belum mencapai sebuah taraf yang memang kamu ciptakan atau saat ini kamu masih semu dengan sebuah kebahagiaan, mungkin beberapa hal sederhana ini dapat kamu coba untuk menjadi sosok yang lebih bahagia dalam hidup. Apa saja?

1. Ucapkan di Depan Kaca Bahwa Kamu Tampak Mengagumkan Hari Ini

Apa hal ini pernah kamu praktikkan sebelumnya? Jika memang belum, kamu harus mencoba hal yang satu ini!

Yang perlu kamu lakukan adalah berkaca, tatap bayangan dirimu di kaca, perhatikan penampilan kerenmu hari ini. Saat kamu telah puas, ucapkan kamu begitu tampak mengagumkan hari ini! 

Gaya rambut barumu tampak cocok dengan dirimu, wajahmu yang baru saja kamu poles make up tipis tampak begitu cantik di sana.

Ucapkan kata ini sekerap mungkin, bahkan jika perlu ucapkan setiap hari. Jika kamu memerlukan sebuah validasi mengenai penampilanmu, kamu telah memilikinya jauh sebelum orang lain. Kamu akan tumbuh menjadi sosok yang percaya diri dengan aura positif yang kamu tebarkan!

2. Berhenti untuk Mengkritisi Kekuranganmu Setiap Hari

Kritik memang diperlukan sebagai bentuk improvisasi diri, tapi jangan self-criticism justru membunuhmu secara perlahan.

Coba, saat kamu yang biasanya selalu mempermasalahkan penampilanmu yang bagimu tampak aneh tahan untuk melakukan ini. Biasakan tahan agar tidak selalu mencari kekurangan-kekurangan diri sendiri sehingga membuatmu jatuh.

Terapkan hal ini dalam 30 hari, kamu akan merasa ada sebuah beban tak kasat mata yang hilang dari sebuah pundakmu!

3. Katakan Hal-Hal Positif Penghibur yang Biasanya Kamu Ucapkan ke Orang Lain

Kamu pasti sering mengucapkan hal-hal baik sebagai penghibur temanmu saat bersedih, tapi apa pernah kamu mengucapkan hal yang sama kepada dirimu sendiri?

Hal ini mungkin terdengar aneh, tetapi ini benar-benar work untuk kamu lakukan! Saat dalam sebuah masalah, hanya diri kita yang membantu untuk menyelesaikan masalah, hanya tubuhmu dan jiwamu yang berdiri di sampingmu untuk menangkal segala hal termasuk berbagai hal buruk. 

Kamu jelas memerlukan sebuah kata-kata penyemangat bernilai positif yang biasa kamu ucapkan sendiri ke orang lain, lakukan hal ini kepada dirimu sendiri karena kamu akan merasakan seberapa besar dampak dari hal kecil ini.

4. Tetapkan Standar Diri yang Dapat Kamu Lampaui Sendiri

Apa standar cantik menurutmu? Apakah itu terlalu tinggi untuk kamu capai sehingga kamu kerap merasa rendah diri?

Kamu tidak perlu untuk membuat standar tinggi yang jauh dalam kapasitas dirimu sendiri karena hal ini akan menyusahkan untuk kamu lakukan. 

Tetapkan hal-hal sederhana terlebih dahulu, karena saat kamu pertama kali berhasil menggapai standar yang kamu buat, ada sebuah euforia yang kamu rasakan sebagai sebuah keberhasilan sederhana perjuanganmu!

5. Menerapkan Arti Bersyukur yang Sebenarnya dalam Kehidupan

Kata bersyukur berkaitan erat dengan 'bahagia'. Hal ini memang terbukti, saat kamu ingin merasa lebih bahagia coba syukuri hal-hal di sekitarmu. 

Tak usah hal yang berat-berat, cukup mulai dengan hal sederhana seperti dirimu yang detik ini masih dapat melihat dunia dengan bebas, tanganmu yang masih bergerak sesuai kendalimu, atau lidahmu yang dapat merasakan berbagai rasa dari makananmu siang ini.

Penerapan syukur dalam kehidupan benar-benar dapat membuatmu menjadi sosok yang lebih bahagia dari sebelumnya. Kamu harus menerapkan hal ini mulai sekarang!

Itu dia 5 hal yang dapat kamu lakukan agar menjadi lebih bahagia dalam hidup. Ingat! Hidup terlalu singkat jika hanya berisi kamu yang terus menyalahkan dirimu sendiri, lakukan hal kecil menakjubkan lain yang dapat membawamu ke perasaan asing yang bisa kamu sebut sebagai kebahagiaan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak