facebook

7 Hal yang Dapat Kamu Lakukan agar Tidak Cepat Bosan saat Belajar!

Vivia Lintang
7 Hal yang Dapat Kamu Lakukan agar Tidak Cepat Bosan saat Belajar!
Ilustrasi mind map. (freepik.com)

Belajar merupakan hal yang wajib bagi pelajar, tetapi belajar juga dapat menjadi hal yang membosankan sebagian dari mereka. Berjam-jam yang hanya diisi dengan membaca buku dan mengerjakan soal memang terasa monoton untuk dilakukan.

Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan agar belajar waktu belajar kamu tidak terasa membosankan, di bawah ini beberapa hal yang dapat kamu terapkan!

1. Belajar Di tempat yang Membuatmu Nyaman

Temukan tempat yang nyaman untuk kamu belajar menjadi suatu keharusan. Tempat yang nyaman tidak hanya akan membuatmu fokus dan berkosentrasi melainkan juga akan membuat kamu betah untuk berlama-lama dalam belajar!

Tempat yang cocok untuk belajar memiliki versi berbeda bagi tiap orang, mungkin ada yang nyaman dengan suasana sepi dan menenangkan atau kamar dengan iringan musik jazz dan pop yang mengalun keras, kalau versimu gimana?

2. Buat Mind Mapping

Mind mapping atau peta pikiran ini jadi alternatif agar belajar tidak terasa membosankan! Kamu dapat membuat mind map di buku tulis dengan berbagai goresan pena warna-warni sesuai dengan kreatifitas dirimu.

Untuk kamu yang punya tipe belajar dengan peta konsep, mind map ini sangat membantu. Selain menjadi ringkas, mind map ini punya balutan yang menarik.

Mind map juga dapat membuatmu betah untuk menghabiskan waktu berjam-jam dengan membuka banyak buku dan sumber untuk melengkapinya!

3. Relaks, Jangan Paksakan Diri saat Belajar

Saat belajar, usahakan agar tidak memaksakan diri. Belajarlah jika memang kamu membutuhkan dan tubuhmu mengizinkan. Ingat! Belajar itu juga perlu waktu dan tenaga yang seimbang.

Saat dirimu tidak terasa cukup baik, jangan memaksa untuk belajar. Kamu dapat menggantinya di lain hari sehingga kamu tidak akan merasa tertekan dengan materi-materi yang sudah tersedia.

4. Belajar dengan Mengakar

Belajarlah dari berbagai sumber, jika bisa buka sebanyak mungkin sumber-sumber untuk memperoleh materi yang kamu pelajari.

Buku dapat kamu jadikan acuan yang utama, tapi kamu dapat menambahnya dengan berbagai materi yang kamu temui, entah dalam buku lain atau materi-materi yang dapat kamu akses secara online di smartphone milikmu.

Saat kamu tidak hanya menghabiskan waktu untuk belajar dari buku, kamu dapat bernafas dengan melihat beberapa fakta menarik yang tak sekaku buku pelajaran tentang penjelasan yang disajikan.

5. Lakukan Istirahat saat Belajar

Siapkan timer untuk ini, jangan habiskan waktu 3 jam milikmu hanya untuk belajar. Mungkin kamu dapat menggunakan metode 30:10, dimana 30 menit belajar 10 menit istirahat atau 50:10, dan berapapun sesuai dengan kenyamananmu.

Jangan habiskan 3 jam waktumu dengan paksaan belajar, hal ini justru akan membuatmu merasa suntuk dan cepat bosan.

6. Pasang Target yang Jelas dan Tidak Membebankan

Jika memang kamu belajar untuk ujian atau ulangan esok hari, usahakan jangan gunakan sistem kebut semalam atau SKS. Seharusnya kamu sudah menyiapkan persiapan jauh-jauh hari sebelum hari-H.

Target yang kamu tetapkan usahakan jangan terlalu jauh, cukup beri target antara pemahaman logika umum dan uraian esai dari materi yang kamu pelajari. Kamu dapat mengembangkan ini dengan berbagai teknik belajar termasuk teknik feynman tehchnique.

7. Beri Self Reward saat Berhasil Mencapai Target

Kamu patut menghargai dirimu dengan hal yang kamu hasilkan. Saat kamu telah mencapai target belajar yang kamu tetapkan, baiknya beri self reward meskipun kecil-kecilan sebagai bentuk apresiasi terhadap dirimu sendiri.

Seperti semangkuk mie kuah dan telur atau satu cup yogurt sebagai hadiah bahwa kamu berhasil menyelesaikan tantangan hari ini.

Itu dia 7 hal yang dapat kamu lakukan agar belajar tidak terasa membosankan, jadikan belajar sebagai kegiatan yang menyenangkan tanpa paksaan dari siapa pun agar hasil yang kamu dapat juga sesuai dengan harapanmu sekaligus dengan usaha yang kamu upayakan. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak