facebook

5 Rutinitas Pagi yang Wajib dilakukan Setelah Bangun Tidur, Apa Saja?

Rania Erin Oktiara
5 Rutinitas Pagi yang Wajib dilakukan Setelah Bangun Tidur, Apa Saja?
Ilustrasi orang tidur (Pixabay.com/Claudio_Scott)

Setelah bangun tidur biasanya orang akan mencari ponselnya untuk mematikan alarm, melihat jam, atau sekedar mengecek notifikasi. Tak jarang dari mereka kembali tidur apabila masih banyak waktu sebelum melakukan aktivitas harian seperti sekolah, kuliah, atau bekerja. Namun, perlu diketahui ada 5 rutinitas pagi yang wajib dilakukan setelah bangun tidur. Apa saja?

1. Merapikan tempat tidur

Setelah bangun tidur penting secara otomatis harus merapikan tempat tidur seperti melipat selimut, menata bantal dan guling, menebahi kasur, dan merapikan sprei. Selain itu, jangan lupa untuk membuka selambu dan jendela kamar agar sirkulasi udara berjalan dengan baik.

Menunda merapikan tempat tidur akan membuat kamar terlihat berantakan dan membuat debu semakin menumpuk. Kalau kamar sudah rapi, ingin kembali tidur setelah beraktivitas pun terasa nyaman dan tidak kepikiran atau punya tanggungan yang mengganjal ketika sudah berada di luar rumah.

2. Membersihkan kamar

Bersihkan kamar secara rutin di pagi hari seperti menyapu lantai atau membersihkan debu di meja kerja dan rak buku menggunakan kemoceng. Hal ini bisa meminimalisir debu yang menumpuk setiap harinya. Dengan begini, kamar pun jadi bersih. Jangan lupa untuk mengepelnya saat punya banyak waktu luang.

3. Minum air mineral

Saat bangun tidur biasanya akan terasa haus dan kurang fokus. Oleh karena itu, segera minum air mineral satu hingga dua gelas agar tubuh merasa lebih baik. Minum air mineral setelah bangun tidur juga membuatmu terhindar dari rasa kantuk dan siap untuk beraktivitas.

4. Lakukan peregangan tubuh atau olahraga kecil sebentar

Lakukan peregangan terutama di bagian tubuh yang terasa kaku setelah tidur seperti punggung, leher, atau kaki agar otot bisa rileks kembali. Kamu juga bisa melakukan olahraga ringan selama 5 hingga 10 menit seperti jalan di tempat, push up, sit up, atau plank.

5. Mandi agar tubuh semakin segar

Setelah melakukan aktivitas tersebut kamu bisa mandi untuk membersihkan diri sekaligus membuat tubuh merasa lebih segar. Hal ini berlaku juga saat hari libur yang biasanya orang malas mandi setelah bangun tidur. Setelah itu, kamu bisa melakukan aktivitas lainnya seperti sarapan, mengecek list harian, atau melakukan aktivitas lainnya.

Nah, itu dia 5 rutinitas pagi yang wajib dilakukan setelah bangun tidur. Kamu sudah melakukannya? 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak