facebook

Ada 4 Tipe Introvert yang Perlu Kamu Ketahui

oce blue
Ada 4 Tipe Introvert yang Perlu Kamu Ketahui
Ilustrasi seorang pria. (Pixabay/jplenio)

Menurut KBBI, introvert bersifat suka menyimpan perasaannya sendiri dan tidak mengutarakannya kepada orang lain, bersifat tertutup. Kepribadian introvert cenderung lebih banyak diam dibanding berisik. Meski semua kepribadian introvert terlihat lebih pendiam, tapi mereka bisa dibedakan menjadi 4 tipe yang perlu kamu ketahui. 

1. Introvert sosial

Seorang introvert sosial tidak begitu takut jika harus bersosialisasi. Mereka juga bisa berteman dengan orang baru. Kehidupan sosial tidak membuat mereka merasa terbebani, bahkan bisa menghibur diri mereka sendiri. Namun, meski mereka senang bersosialisasi, jika terlalu lama maka mereka akan kelelahan.

Sama halnya dengan introvert lain, mereka juga senang menyendiri. Tapi juga tidak keberatan jika harus berkumpul dengan teman dekat atau orang baru. 

2. Introvert cemas

Tipe introvert ini berbeda dengan tipe introvert sosial. Seorang introvert cemas sangat kahawatir jika harus berteman dan berkumpul dengan orang baru. Mereka tidak begitu suka untuk bersosialisasi. Mereka akan tetap ingin sendirian meski sedang bersama teman dekatnya. Waktu kenyamanan bersama orang lain hanya sebentar. Apakah kamu salah satunya?

3. Introvert pendiam

Sesuai namanya, introvert pendiam juga mempunyai sifat pendiam dan tidak menonjolkan dirinya dalam suatu lingkupan orang banyak. Mereka tidak menyukai perubahan, tantangan, maupun perubahan dalam hidup mereka. Tapi juga dapat berkumpul dan keluar dengan orang baru jika ada rencana. Tapi pada dasarnya mereka juga tetap ingin menikmati waktu kesendiriannya layaknya tipe-tipe introvert lain. 

4. Introvert berpikiran

Terakhir adalah introvert berpikiran. Seseorang yang tipe ini tidak merasa cemas dan khawatir untuk bersosialisasi. Tapi ketika mereka bersosialisasi, mereka sering hanyut dan sibuk dengan pikirannya sendiri. Seakan pikirannya membuatnya terjun ke dalamnya. Karena hal ini, mereka menjadi lebih sering menyendiri dibanding mengobrol dengan teman ataupun orang lain. 

Seorang introvert tidak membuat diri mereka lebih lemah dibanding yang bukan introvert. Mereka justru mampu berfikir lebih dalam dan berhati-hati untuk bertindak maupun berucap. Jika mampu, mereka juga bisa melaksanakan tugas yang lebih berat dengan baik. Jadilah introvert yang tetap bisa bersosialisasi dan mengusahakan diri untuk bergabung dengan orang lain disaat sedang bersama orang lain. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak