facebook

4 Tips Menghadapi Rasa Cemas Berlebihan, Kenali Sebabnya!

Latifah ..
4 Tips Menghadapi Rasa Cemas Berlebihan, Kenali Sebabnya!
Ilustrasi pria sedang cemas (Freepik.com/rawpixel-com)

Rasa cemas bisa dialami oleh siapa pun. Menunggu kabar diterima atau tidak setelah wawancara kerja kemarin, menunggu pengumuman nilai ujian, dan berbagai hal lain bisa menyebabkan perasaan cemas.

Hanya saja, rasa cemas berlebihan bisa berbahaya bagi kondisi mental. Pikiranmu jadi selalu dalam kondisi stres, dan itu gak baik bagi kesehatan mental.

Untuk menghadapi rasa cemas berlebihan, berikut akan dibahas beberapa tips yang dapat kamu coba. Seperti apa? Mari simak terus ulasannya.

1. Kenali penyebab rasa cemas berlebihan

Tentu gak mungkin kamu tiba-tiba saja merasa cemas, kan? Pasti ada pemicu perasaan tersebut. Cobalah analisis apa yang menyebabkan kamu jadi merasa cemas berlebihan.

Apakah kekhawatiran kalau tak diterima kerja, sementara keluargamu sedang membutuhkan uang? Atau bisa pula karena kemarin pas ujian gak belajar dengan benar, sehingga kamu takut bila nilai yang nanti keluar bakal jelek? Kenali penyebabnya supaya kamu bisa mengambil langkah untuk mengatasinya.

2. Tarik napas dalam-dalam

Cara ini memang selalu ampuh untuk diterapkan pada berbagai kondisi stres, salah satunya ketika merasa cemas. Cobalah tarik napas dalam-dalam, kemudian hembuskan. Lakukan ini berulang kali sampai badan dan pikiranmu rileks. Kalau sudah rileks, biasanya kamu jadi lebih bisa mengontrol emosi.

3. Fokus pada tindakan

Bila sudah tahu apa yang menyebabkanmu cemas, serta pikiranmu sudah jernih kembali. Maka, langkah selanjutnya adalah fokus pada tindakan.

Adakah tindakan yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa cemas berlebihan tersebut? Sebagai contoh, kalau perasaan cemas disebabkan khawatir jika interview kerja besok gak berjalan dengan baik, kamu bisa fokus pada melakukan persiapan agar pas wawancara bisa menjawab pertanyaan dengan baik.

Fokus pada tindakan seperti ini akan membuat pikiranmu teralihkan ke hal yang lebih konkret, sehingga bisa terhindar dari pikiran negatif.

4. Terima keadaan

Untuk hal-hal yang gak bisa kamu kendalikan hasilnya, misalnya kamu gak tahu bakal diterima kerja atau enggak, karena memang pengambil keputusannya bukan kamu. Maka, yang bisa kamu lakukan adalah terima keadaan. Berserah diri saja kepada Tuhan terkait hasilnya. Apa pun itu, terima dengan lapang dada.

Coba lakukan langkah-langkah tadi agar kamu tidak lagi merasa cemas berlebihan, ya. Gak baik bagi kesehatan mental!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak