facebook

4 Tips Menyikapi Sindiran Lewat Media Sosial, Konfrontasi Langsung!

Latifah ..
4 Tips Menyikapi Sindiran Lewat Media Sosial, Konfrontasi Langsung!
Ilustrasi melihat HP (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika sebelum ada media sosial perseteruan dilakukan secara langsung, kini banyak orang yang menjadikan media sosial sebagai cara berseteru tidak langsung. Salah satunya lewat sindiran.

Tentu sebal, kan, ketika disindir oleh seseorang lewat media sosial? Kamu mungkin akan berpikir kenapa gak diomongin langsung aja, sih, jadinya masalah bisa cepat selesai. Sayangnya, gak semua orang punya pemikiran sama.

Untuk menyikapi disindir lewat media sosial, berikut akan diulas beberapa tips menyikapinya. Mari kita simak sama-sama.

1. Melakukan konfrontasi langsung

Orang yang bertengkar lewat sindir-menyindir biasanya memiliki karakter pengecut. Oleh sebab itu, kalau kamu memang yakin unggahannya tersebut menyindirmu, coba konfrontasi langsung aja.

Kamu bisa langsung meneleponnya, kunjungi rumahnya, lewat pesan singkat, atau jika dia gak menggubris bisa dengan berkomentar langsung di unggahan medsosnya.

Tanyakan apakah orang yang dimaksud dalam sindiran tersebut adalah kamu. Kalau iya, undang dia untuk menyelesaikan masalah secara baik-baik, jangan cuma cuap-cuap di media sosial saja.

2. Jelaskan ke teman terdekat

Jika sindirannya berupa kabar tidak benar, atau ada beberapa poin yang mesti diluruskan karena kesalahpahaman, maka jelaskan ini ke teman terdekatmu. Sahabatmu pasti sadar ketika ada yang menyindir, dan pasti akan berusaha mengklarifikasinya langsung padamu.

Jelaskan, supaya mereka gak sampai salah sangka dan menduga yang bukan-bukan. Kamu gak mau citra dirimu sampai tercemar, kan?

3. Abaikan

Ada pula orang yang menyindir di media sosial tujuannya memang untuk merusak citra atau melihatmu kesal. Harapannya kalau kamu kesal akan bertindak di luar karakter, dan itu bisa membuat image kamu buruk.

Untuk tipe orang seperti ini, maka abaikan saja isi unggahannya yang menyindir segala. Semakin kamu terlihat bahagia dengan hidupmu dan gak menggubris sama sekali sindirannya tersebut, maka dia akan semakin panas.

4. Lakukan evaluasi diri

Boleh jadi apa yang disindir oleh temanmu memang benar. Maka itu, jangan sungkan untuk mengakui kesalahan dan meminta maaf. Jadikan hal ini sebagai momen untuk evaluasi diri agar kamu bisa menjadi pribadi lebih baik lagi ke depannya.

Itu dia beberapa tips menyikapi sindiran lewat media sosial. Semoga bisa bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak