facebook

4 Cara Elegan Membalas Hinaan Orang Lain, Tak Perlu Pakai Emosi!

Latifah ..
4 Cara Elegan Membalas Hinaan Orang Lain, Tak Perlu Pakai Emosi!
Ilustrasi memejamkan mata (freepik.com/wayhomestudio)

Hidup kadang gak bisa diprediksi. Kamu sudah berusaha menjaga sikap baik ke siapa pun, berusaha respek tanpa pandang bulu, nyatanya ada saja yang gak suka dan menghinamu.

Untuk menyikapinya gak perlu dengan marah-marah atau memaki-makinya segala. Berikut akan dibahas beberapa cara elegan membalas hinaan orang lain. Cara apa yang dimaksud? Mari simak ulasannya di bawah ini.

1. Tetap bersikap tenang

Salah satu tujuan orang yang menghina, adalah ingin melihat reaksimu ketika diejek. Oleh sebab itu, hindari memberinya kepuasan dengan membalasnya pakai emosi. Tetaplah bersikap tenang, karena kalau kamu kalem, dia malah jadi kesal.

2. Tak usah pedulikan

Sesuatu akan menjadi penting apabila direspons. Untuk itu, salah satu cara terampuh dalam membalas orang yang sudah menghina, adalah dengan mengabaikannya saja.

Dengan gak memedulikan berbagai perkataan atau tindakan meremehkan yang dilakukan orang lain, bisa melukai harga dirinya, lho. Jadi, tanpa pakai marah-marah segala kamu sudah bisa menyerang mentalnya dengan sikap diammu itu.

3. Balas dengan jawaban cerdas

Terkadang mulut rasanya gatal sekali ingin membalas orang yang hobinya menghina. Jika demikian, balaslah dengan jawaban cerdas.

Misalnya, saat kamu mendapat apresiasi dari bos, ada rekan kerja yang nyeletuk, “Ah, begitu saja bangga”. Nah, kamu bisa membalasnya dengan mengatakan, “Ya, mendinglah, daripada sama sekali gak pernah dipuji”.

Balasan seperti ini cukup ampuh untuk memberi sinyal pada orang yang suka menghina bahwa kamu bukan tipe korban yang bisa diintimidasi olehnya. Dengan demikian, di kemudian hari dia akan berhati-hati lagi dengan mulutnya.

4. Kelilingi diri dengan teman yang baik

Sudah jelas sekali, bukan, kalau tipe penghina gak layak dijadikan teman dekat? Maka dari itu, menjauhlah dari pergaulannya dan cari tipe teman yang baik dan suportif. Selain bisa membawa pengaruh positif dalam kehidupanmu, saat melihat kamu dikelilingi oleh orang baik bisa bikin si penghina kepanasan, lho.

Dari uraian tadi dapat disimpulkan bahwa membalas hinaan orang lain tak perlu harus pakai emosi. Kamu bisa melakukannya dengan cara elegan seperti tadi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak