facebook

5 Tips Melakukan Power Nap, Tidur Siang yang Singkat tapi Berkualitas

Andini Mayangpuri
5 Tips Melakukan Power Nap, Tidur Siang yang Singkat tapi Berkualitas
Ilustrasi mengantuk saat bekerja (Pexels/Arina Krasnikova)

Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Orang dewasa dianjurkan untuk tidur selama 7-9 jam sehari. Namun, pasti ada saja hari-hari ketika kamu tidak dapat memenuhi jam tidur yang ideal. Terlalu sering kekurangan tidur dapat menyebabkan terganggunya fungsi tubuh.

Kurang tidur juga akan berpengaruh pada tingkat konsentrasi dan kemampuan dalam memproses informasi. Hal-hal seperti itu biasanya akan menyebabkan kamu lebih mudah stres dan burnout saat bekerja. Di siang hari, kamu juga akan diserang kantuk, tetapi mungkin tidak memiliki banyak waktu untuk tidur.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa melakukan power nap, yaitu tidur siang yang singkat, tetapi tetap berkualitas. Kamu dapat melakukan power nap di mana saja dan kapan saja.

Durasi waktunya yakni sekitar 15-20 menit. Meski sebentar, tetapi power nap dapat mengembalikan energi, membantumu untuk lebih fokus, dan meningkatkan kualitas kerja. 

Lalu, bagaimana cara melakukan power nap? Simak penjelasan berikut ini, ya!

1. Mencari Tempat Sepi

Langkah pertama, yaitu kamu perlu mencari tempat yang sepi. Namun, power nap ini bisa dilakukan dimana saja. Sehingga jangan khawatir bila di tempat kerja atau ruang kelasmu tidak ada tempat yang sepi. Kamu bisa, kok, tidur di kursi atau pojok ruangan. 

2. Mengatur Alarm 

Setelah menemukan tempat yang pas dan nyaman, kamu perlu mengatur alarm di gawaimu selama 20 menit. Sesuai namanya, power nap ini sebentar. Jadi jangan sampai kebablasan, ya!

3. Menjauhkan Semua Hal yang Dapat Mendistraksi

Kemudian, jika tempat di sekitarmu berisik, kamu bisa menggunakan earphone atau sejenisnya. Sembari mendengarkan musik yang bisa membuatmu merasa rileks dan nyaman. Selain itu, kamu juga perlu mematikan notifikasi di gawaimu. 

4. Merilekskan Tubuh

Posisikan tubuhmu senyaman mungkin. Jika tidur di kursi, kamu bisa meletakan tas atau jaket di meja sebagai bantalmu. Apabila tidur di pojok ruangan, kamu bisa menyandarkan tubuh ke tembok. Kemudian, kamu perlu merilekskan otot wajah dan tubuh supaya lebih mudah tertidur.

5. Menjernihkan Pikiran

Tahapan yang terakhir adalah menjernihkan pikiran. Kamu perlu mengosongkan pikiran hingga akhirnya tertidur. Meski sedang memiliki banyak pekerjaan, kamu harus melupakannya sejenak. Perlu diingat bahwa power nap ini juga berfungsi untuk meningkatkan performa kerjamu nantinya.

Itulah 5 tips yang dapat kamu coba untuk melakukan power nap. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak