facebook

5 Dampak Negatif Gampang Baper Padahal Baru Kenal, Bisa Dikecewakan!

Rania Erin Oktiara
5 Dampak Negatif Gampang Baper Padahal Baru Kenal, Bisa Dikecewakan!
Ilustrasi orang bertengkar (Pexels.com/Vera Arsic)

Perasaan cinta memang tidak bisa dihindari dan dipaksakan. Perasaan itu tumbuh dengan sendirinya karena adanya rasa nyaman, bahagia, dan selalu ingin bersamanya. Namun, apa jadinya kalau orang gampang baper? Kalau kamu punya sifat gampang baper, perlu diperhatikan adanya 5 dampak negatif seperti berikut ini!

1. Mudah terobsesi untuk menjalin hubungan

Kamu kerap terobsesi untuk menjalin hubungan romantis hingga terikat ke hubungan yang lebih serius dengan orang lain meskipun kamu belum lama mengenalnya. Telebih kamu tipe orang yang tidak betah menjomblo. Kamu akan menganggap perhatiannya itu sebagai kode PDKT, padahal pada kenyataannya tak lebih hanya sebatas bentuk kepedulian dengan sesama teman.

2. Mudah percaya dengan bujuk rayu orang lain

Orang yang gampang baper akan mudah percaya dengan mulut manis seseorang yang disukainya. Tak jarang, ia mudah terjebak dalam rayuan orang tersebut yang sedang memanfaatkan situasi. Misalnya kamu mau disuruh-suruh, lebih memprioritaskannya dibanding diri sendiri, dan lain sebagainya.

3. Gampang cemburu padahal baru kenal

Kamu akan merasa orang itu menyukaimu dan harus menjaga komitmen. Padahal, aslinya ia tidak memiliki perasaan apapun denganmu dan hanya menganggapmu sebatas teman. Kalau sudah begini, kamu akan mudah cemburu saat ia bersama orang lain meskipun statusmu hanya sebatas teman yang baru saja ia kenal. Tak hanya itu, kamu juga bisa mendadak posesif dan menyalahkannya seolah ia telah selingkuh.

4. Menilai segala hal dengan perasaan bukan logika

Kamu akan menilai segala hal yang dilakukannya menggunakan perasaan, bukan logika. Misalnya saat ia mengajakmu makan bersama, mengajak nonton, membelikanmu makanan, dan lain sebagainya. Padahal bisa saja ia melakukan itu hanya karena butuh teman untuk diajak main. Oleh sebab itu, gunakanlah logikamu! Lebih baik menjadikannya sahabat daripada mengira sesuatu yang tidak jelas.

5. Akan dikecewakan oleh ekspektasi 

Kamu akan kecewa setelah mengetahui bahwa ia tidak menyukaimu dan bahkan memilih orang lain untuk menjadi kekasihnya. Kamu sudah dikecewakan oleh ekspektasi karena merasa sangat tahu tentangnya dan berharap ia menjadi pasanganmu.

Itulah 5 dampak negatif gampang baper yang bisa merugikan diri sendiri. Kamu jangan seperti itu, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak