facebook

4 Manfaat Mengatur Pengeluaran Bulanan bagi Pelajar, Menabung Lebih Banyak!

Vivia Lintang
4 Manfaat Mengatur Pengeluaran Bulanan bagi Pelajar, Menabung Lebih Banyak!
Ilustrasi menabung. (Pixabay.com)

Mengatur pengeluaran bulanan masih belum banyak dilakukan orang-orang. Sebagian dari mereka lebih mengandalkan perkiraan dalam pikiran untuk menghemat uang agar sampai pada akhir bulan, padahal hal ini akan lebih mudah saat memiliki daftar yang jelas untuk ditinjau sewaktu-waktu.

Pelajar juga perlu untuk mengatur pengeluaran bulanan, lho. Saat kita telah disibukkan dengan aktivitas di sekolah, terkadang banyak pengeluaran-pengeluaran yang justru tidak dikendalikan.

Entah cuma mau hang out sama temen sekelas yang niatnya satu bulan sekali berujung setiap hari atau tergiur dengan diskonan buku yang sudah lama diidam-idamkan.

Saat kamu memutuskan untuk mengatur pengeluaran bulanan, banyak hal yang dapat kamu kendalikan. Di bawah ini adalah beberapa manfaatnya.

1. Menabung Lebih Banyak

Jika kamu terbiasa diberi saku dan habis dalam sehari hanya untuk jajan, kamu mungkin butuh pengendali. Saat kamu memutuskan untuk membuat catatan bulanan, kamu dapat mengatur bagaimana uang sakumu berjalan untuk apa saja.

Mungkin mulai bulan ini kamu dapat membuat daftar barang yang kerap kamu beli tiap bulan dengan catatan bahwa itu adalah barang pokok yang memang kamu butuhkan. Pasti ada sebagian uang yang akan tersisa dari daftar yang telah kamu buat nanti, sehingga kamu dapat menabungnya!

2. Mengerti tentang Skala Prioritas, Kebutuhan, dan Keinginan

Skala prioritas itu bisa dikatakan sebagai kegiatan pemilahan barang berdasarkan tingkat yang paling diutamakan. Skala prioritas ini memiliki hubungan dengan kebutuhan dan keinginan.

Saat kamu memutuskan untuk mengatur pengeluaran bulananmu dengan mencatat barang-barang yang akan kamu beli, kamu pasti mengutamakan barang pokok sebagai list paling awal.

Barang yang kamu kaitkan dengan hal utama ini dinamakan kebutuhan. Kebutuhan adalah hal yang paling kamu butuhkan, sehingga hukumnya wajib untuk dipenuhi. Berbeda dengan kebutuhan, keinginan ini dapat diartikan sebagai barang yang diinginkan tetapi tidak ada kewajiban untuk dipenuhi. 

Contohnya seperti ini, kamu sedang berjalan ke toko peralatan sekolah untuk membeli tas sekolah baru karena tas yang lama telah rusak. Saat tidak sengaja melewati stand baju, netramu melihat sebuah baju yang tergantung pada patung manekin di balik kaca toko, kebetulan sekali itu adalah baju dengan model terbaru yang telah kamu incar. 

Kamu akan memilih mana? Jika memang benar, kamu tentu perlu memilih membeli tas terlebih dahulu. 

Tas ini bersifat sebagai kebutuhan yang harus kamu penuhi, sementara baju tadi adalah keinginan, kamu dapat membeli baju sewaktu-waktu saat tidak ada barang prioritas yang kamu butuhkan.

Sehingga mengatur pengeluaran bulanan juga berdampak tentang pemahaman kamu mengenai skala prioritas, barang yang bersifat kebutuhan dan barang yang bersifat keinginan.

3. Terlatih Sejak Dini dalam Financial Tracking

Financial Tracking ini sangat berguna karena berfungsi untuk mengerti kondisi keuanganmu. Saat kamu telah mengerti tentang pengaturan finansial, hal ini memiliki dampak yang baik di masa depan.

Selain hal umum seperti tidak adanya pengeluaran berlebih yang akan terjadi, kamu akan mencapai fase finansial yang stabil. Pelatihan hal ini sejak remaja dapat membantumu untuk berhemat di masa depan dan dapat dengan cermat mengatur pengeluaran bulananmu karena kamu telah menghafal polanya.

4. Punya Dompet 'Lebih' di Kondisi Mendesak

Seperti yang disebutkan pertama kali, saat kamu dapat mengatur pengeluaran bulanan milikmu, kamu dapat memiliki tabungan lebih banyak dari sebelumnya. Nah, tabungan ini sendiri dapat dijadikan dompet saat waktu-waktu mendesak atau hal-hal yang tidak terkira.

Andai kata tiba-tiba ada keperluan di luar kendalimu dan ternyata memerlukan uang yang cukup besar. Mungkin kamu akan khawatir karena tidak memiliki persiapan apapun yang tersisa.

Tetapi bagaimana saat kamu memiliki tabungan lebih yang tersedia? Tentu kamu tidak akan khawatir! Hal ini jelas sangat membantu karena kita tidak tahu kapan masalah mendesak akan menghampiri kita sewaktu-waktu.

Nah itu dia 4 manfaat mengatur pengeluaran bulanan bagi pelajar, kamu dapat mulai mencobanya saat ini agar dapat mempersiapkan masa depan lebih cerah nanti!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak