facebook

3 Kebiasaan Buruk yang Harus Kamu Hilangkan, Merokok di Dekat Anak Kecil!

Latifah ..
3 Kebiasaan Buruk yang Harus Kamu Hilangkan, Merokok di Dekat Anak Kecil!
Ilustrasi merokok (Freepik.com/wirestock)

Ada kebiasaan baik, maka ada pula kebiasaan buruk. Nah, berikut ini akan diulas beberapa kebiasaan buruk yang sebaiknya kamu hilangkan. Selain merugikan orang lain, juga merugikan diri sendiri, lho.

Apa saja kebiasaan buruk yang dimaksud? Untuk mengetahui kelanjutannya, simak terus pembahasan berikut ini, ya.

1. Merokok di dekat anak kecil

Sudah bukan rahasia lagi kalau rokok berisi banyak sekali zat racun dan berbahaya. Ditambah lagi, perokok pasif jauh lebih berisiko tinggi terhadap dampak buruk rokok dibanding perokok aktif.

Oleh sebab itu, sebaiknya hindari merokok dekat dengan orang lain, apalagi dekat dengan anak kecil. Perbuatan ini jahat banget, lho.

Umumnya anak kecil belum memiliki pertumbuhan organ yang sempurna, ditambah lagi daya tahan tubuhnya tidak sama dengan orang dewasa. Maka dari itu, efek asap rokok bagi anak kecil bisa berkali-kali lipat lebih berbahaya dibanding orang dewasa. Jadi, jangan sekali-kali merokok dekat dengan anak kecil, ya.

2. Meletakkan barang sembarangan

Kebiasaan buruk lain yang kerap dilakukan, adalah meletakkan barang sembarangan. Salah satu yang paling sering terjadi, adalah meletakkan kunci di mana saja.

Tanpa kamu sadari, kebiasaan buruk ini bisa berpengaruh besar dalam hidup, lho. Pertama, kamu jadi membuang-buang waktu dan energi untuk mencari-cari. Padahal, dengan meletakkan disiplin di satu tempat, kejadian ini gak perlu terjadi.

Kedua, ketika ini terjadi dalam rumah tangga, bisa membuat pasangan jadi kesal. Setiap hari harus selalu menghadapi drama mencari kunci, dan gak jarang kamu jadi temperamental. Kamu sendiri yang meletakkan kunci sembarangan, malah pasangan jadi dimarahi. Hal sepele seperti ini jika terus terjadi bisa bikin rumah tangga renggang, lho.

3. Boros menggunakan air

Bagi daerah yang mengalami kesulitan air bersih pastinya menggunakan air dengan sehemat mungkin. Beda halnya dengan daerah yang memiliki air bersih berlimpah, biasanya jadi gak bersyukur, sehingga memakainya pun boros.

Ingat, lho, kita hidup bukan untuk saat ini saja. Tapi, bumi ini pun kelak akan menjadi tempat tinggal anak cucu kita. Kalau saat ini memakai air bersih tanpa kendali, nanti anak cucu kita nanti memakai air dari mana? Jadi, bertanggung jawablah dalam menggunakan air, ya.

Itu dia beberapa kebiasaan buruk yang harus kamu hilangkan mulai sekarang. Yuk, berbenah diri jadi manusia lebih baik!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak