facebook

7 Ciri-ciri Orang Toxic Berdasarkan Buku Better Me, Apakah Kamu Salah Satunya?

Dewi Maharani Bahtiar
7 Ciri-ciri Orang Toxic Berdasarkan Buku Better Me, Apakah Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi Teman Toxic (Pexels/Keira Burton)

Toxic, kata yang banyak digunakan saat ini untuk mendefinisikan suatu hal yang membahayakan dan merugikan bagaikan racun. Toxic people sendiri adalah sebutan untuk orang yang kehadirannya bisa menyusahkan orang lain melalui kata-kata atau tindakan negatif.

Orang toxic biasanya cukup sulit dikenali karena terkadang mereka bertindak secara halus. Akan tetapi, kamu bisa mengenalinya jika bertanya pada diri sendiri apakah dengan berada di dekatnya kamu merasa baik-baik saja atau tidak. Dikutip dari buku Better Me karya Anna Silvia, ada beberapa ciri-ciri orang toxic.

Berikut 7 ciri-ciri orang toxic dalam buku Better Me.

1. Merasa paling menderita

Orang toxic akan merasa dirinya paling menderita dan akan menyalahkan segala hal pada orang lain, dunia, dan bahkan menyalahkan Tuhan. Dia akan selalu merasa dirinya korban, hingga membuat kamu yang tidak salah saja merasa bersalah.

2. Suka membuat kamu merasa kecil

Ciri orang toxic yang tampak jelas adalah suka membuat kamu merasa kecil. Hingga orang seperti ini akan membuat kamu merasa insecure, bahkan depresi.

Karena orang seperti ini akan melecehkan secara emosional. Artinya jika berada di dekat dia kamu akan sering diteriaki, banyak dikritik, membuat kamu kecil, merasa tidak bisa apa-apa, dan berujung membuat kamu merasa tidak penting.

3. Suka mengontrol hingga memanipulasi orang lain

Apakah kamu punya teman yang selalu ingin tahu di mana kamu berada? Itu tandanya kamu punya teman toxic yang suka mengontrol kamu, tidak ingin kamu bersama orang lain. Dia ingin kamu hanya untuknya seorang.

Kadang-kadang kamu juga dimanipulasi oleh orang seperti ini. Misalnya, kamu jadi sukar mengutarakan pendapat dan sulit menjadi diri sendiri karena tanpa sadar orang toxic telah mengendalikanmu.

4. Suka berbohong

Ciri-ciri orang toxic selanjutnya adalah suka berbohong. Bahkan mereka bisa berbohong untuk hal yang tidak penting. Ketika kamu mengetahui dia berbohong, bukannya merasa bersalah, dia malah mencari-cari alasan.

5. Jadi orang yang pengin segala kemauannya dituruti orang lain

Orang seperti ini akan merasa paling benar karena dia mengira bahkan dia adalah pusatnya suatu perkumpulan. Ekstrimnya, dia akan merasa bahwa dia adalah pusat semesta. Di mana kamu dianggap hanya pembantu yang tidak berarti bagi dia. Pendapat kamu saja tidak dia dengarkan, dan dia suka berperilaku seenaknya.

Berteman dengan orang seperti ini hanya akan membuat kamu jengkel karena jika mereka mau sesuatu dari kamu, terus kamu tidak bisa melakukannya, mereka akan marah.

6. Mengajak kamu menjadi orang yang negatif

Orang toxic akan selalu membahas sesuatu yang negatif. Misalnya suka mencari-cari kesalahan orang lain yang tidak perlu. Sering mengeluh tentang banyak hal. Tanpa sadar, ketika kamu sudah sering mendengar keluhan orang lain, kamu juga akan jadi orang seperti itu dan membuatmu seperti orang yang tidak pandai bersyukur.

7. Orangnya super kepo

Orang seperti ini sering menyindir, kepo tentang hal-hal pribadi. Membuat kamu merasa risi ketika bersamanya. Parahnya, orang seperti ini hanya bisa berbicara di belakang. Suka membawa-bawa orang lain saat punya masalah dengan kamu.

Itulah 7 ciri-ciri orang toxic yang dijelaskan dalam buku Better Me. Nah, kamu bisa mulai mempertanyakan sikap-sikap di atas pada dirimu sendiri terlebih dahulu, karena bisa saja kamu yang toxic, tetapi tidak menyadarinya. Jika ciri-ciri tersebut ternyata ada pada orang di sekelilingmu, segeralah buat batasan dari mereka agar kamu tidak menderita atau ketularan toxic.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak