facebook

5 Tips Menumbuhkan Kepercayaan Pasangan, Sudah Mulai Ditetapkan?

Mutami Matul Istiqomah
5 Tips Menumbuhkan Kepercayaan Pasangan, Sudah Mulai Ditetapkan?
Ilustrasi pasangan kekasih (freepik.com/jcomp)

Seseorang bisa mempercayai orang lain melalui sebuah proses yang terjadi dalam kehidupan. Kepercayaan dalam hubungan asmara sangat penting untuk ditumbuhkan. Ketika sudah bertumbuh, maka harus dijaga dan jangan sampai kehilangannya.

Menumbuhkan kepercayaan kepada pasangan membutuhkan proses dan waktu yang tidak sebentar. Tidak mudah, apalagi jika kamu dan pasangan baru saling menjalin sebuah hubungan. Namun, hal itu sangat penting demi hubungan itu sendiri. Lalu, bagaimana cara menumbuhkan kepercayaan kepada pasangan? Berikut lima di antaranya.

1. Menepati janji 

Kunci yang pertama adalah menepati ketika memberi janji. Janji adalah suatu hal yang kita ungkapkan kepada pasangan, maka kita harus menepatinya untuk bisa mendapatkan kepercayaannya. Kalau menepati kata-kata sendiri saja tidak bisa, bagaimana pasangan mau percaya? 

2. Setia 

Ketika kamu menjaga kesetiaan kepada pasangan, itu sama halnya kamu sedang menjaga kepercayaannya. Ketika kamu setia, maka pasangan akan percaya. Ketika kamu berselingkuh, maka rusaklah kepercayaannya kepadamu. Maka, ketika kamu memang ingin mendapatkan kepercayaan pasangan, maka kamu harus menjaga kesetiaannya. 

3. Saling memberi masukan dengan cara yang baik 

Memberi masukan kepada pasangan adalah hal baik yang harus dilakukan, namun juga harus disertai dengan cara yang baik. Ketika kamu berkenan untuk memberi saran kepada pasangan, maka pasangan akan memahami bahwa kamu peduli dengannya. Apalagi dengan cara yang baik, maka pasangan akan memahami kalau kamu menjaga perasaannya. 

Selain itu, kamu juga harus menerima saran dari pasangan. Dengan begitu pasangan akan menganggap bahwa kamu adalah orang yang mau diajak ke arah yang lebih baik bersama-sama. 

4. Tidak memaksa kehendak 

Kamu juga tidak boleh memaksakan kehendakmu kepada pasangan. Karena hal tersebut menandakan bahwa kamu tidak menghargai batasan dalam hubungan kalian. Dengan kamu memberi ruang untuk pasangan mengekspresikan dirinya, menikmati hidup, menjalani rutinitas dengan fokus, sama halnya dengan kamu memberikan ruang bagi pasangan bersama dengan dunianya sendiri. Artinya, kamu menghargai kehendaknya untuk menjadi seperti apa, tidak sekadar mementingkan bagaimana kamu menginginkannya. 

5. Berusaha memberikan rasa aman 

Memberikan rasa aman kepada pasangan adalah dengan memahami batasan dalam menjalin hubungan, membantunya ketika kesusahan, memberi apa yang dia inginkan tanpa dia minta, melindunginya dari banyak hal buruk, dan menjaga hati dan fisiknya dengan sebaik-baiknya. 

Ketika kamu bisa memberikan kepastian rasa aman kepada pasangan, maka pasangan akan percaya bahwa kamu tulus mencintai dan memberikan hatimu seluruhnya kepadanya. 

Itu dia 5 tips menumbuhkan kepercayaan pasangan. Sudah mulai menerapkannya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak