facebook

3 Hal yang Perlu Ayah Siapkan sebelum Pensiun Dini, Keuangan Keluarga Aman!

Susanti ..
3 Hal yang Perlu Ayah Siapkan sebelum Pensiun Dini, Keuangan Keluarga Aman!
Ilustrasi cucu dengan kakeknya.[freepik.com/prostooleh]

Jika boleh memilih, tentunya kamu ingin menghabiskan masa tua dengan sejahtera. Baik sejahtera dari segi kesehatan, maupun keuangan. Mampu memiliki uang sendiri, sehingga tak perlu merepotkan anak dan cucu. Keuangan keluarga pun aman.

Nah, bila kamu ingin menghabiskan masa tua dengan sejahtera, tentu dari sekarang harus dipersiapkan upaya pensiun dini. Jadinya ketika masa tua nanti bisa dihabiskan dengan tenang. Yuk, simak apa saja hal yang perlu ayah persiapkan sebelum pensiun dini.

1. Hitung berapa dana pensiun yang dibutuhkan

Hal penting pertama agar ayah bisa menjalani masa pensiun dengan kondisi keuangan aman, adalah hitung berapa dana pensiun yang dibutuhkan. Sebagai contoh, masa harapan hidup ayah hingga usia 80 tahun, dan ayah ingin pensiun di usia 50 tahun.

Maka, ayah mesti menyiapkan dana setidaknya (jumlah pengeluaran per bulan x 12 bulan) x 30 tahun. Itulah kenapa mumpung masih muda mesti berhemat dan fokus pada menciptakan berbagai sumber penghasilan. Dengan begitu, ketika nanti sudah usia pensiun keuangan telah aman.

2. Hindari berutang

Salah satu penghambat kebahagiaan seseorang, adalah utang. Utang bisa bikin pikiran jadi gak tenang, Oleh sebab itu, sebaiknya ayah hindari utang agar masa tua bisa dijalani dengan damai. Jika masih ada hutang sekarang, sebaiknya dilunasi segera.

3. Menyiapkan asuransi kesehatan

Di antara penyebab seseorang bisa miskin seketika, adalah biaya rumah sakit yang besar. Itulah kenapa ketika ayah masih sehat, ada baiknya sisihkan uang untuk menyiapkan asuransi kesehatan yang dibuat sendiri. Artinya, tidak terikat oleh perusahaan.

Kenapa ini penting? Ketika sudah pensiun, biasanya asuransi kesehatan dari perusahaan sudah tak berlaku lagi. Bila baru saat itu kamu ingin membuka asuransi kesehatan, maka kemungkinannya bisa gagal akibat sudah mulai sakit-sakitan, atau kalaupun diterima, biaya preminya besar karena usia sudah tua.

Oleh karena itu, mumpung masih muda dan masih sehat, sebaiknya mulai buka asuransi kesehatan. Untuk jaga-jaga ketika di masa tua nanti.

Nah, itu dia beberapa hal yang mesti ayah siapkan jika hendak menghabiskan pensiun dini dengan sejahtera. Gimana, sudah mulai mempersiapkan dari sekarang?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak