facebook

3 Hal yang Bisa Jadi Penyebab Kurang Tidur, Simak Cara Mengatasinya

Rizky Melinda Sari
3 Hal yang Bisa Jadi Penyebab Kurang Tidur, Simak Cara Mengatasinya
Ilustrasi begadang (pexels)

Akhir-akhir ini, banyak yang mengeluh kekurangan waktu untuk tidur. Apalagi mahasiswa, banyaknya tugas dan proyek yang harus dikerjakan dalam waktu tertentu mau tidak mau harus mengorbankan waktu tidur untuk mengerjakannya.

Tidak hanya itu, terlalu asyik melakukan aktivitas tertentu seperti menonton drama, bermain game, stalking, dan lain sebagainya juga merupakan salah satu penyebab kurangnya waktu tidur. Kurang tidur tidak sama dengan insomnia, perbedaannya terletak pada penyebab, durasi waktu, serta cara mengatasinya.

Berikut ini adalah 3 hal yang bisa jadi penyebab mengapa kamu kurang tidur beserta cara mengatasinya, yuk disimak.

1. Kamar berantakan

Penyebab pertama kurang tidur dapat disebabkan karena kondisi kamar yang berantakan sehingga membuat kita tidak nyaman untuk tidur. Rasanya terlalu kacau, sumpek, dan menyesakkan. 

Kondisi ini dapat mengganggu kualitas tidur kita. Bisa saja kita tertidur, tetapi tidak nyenyak dan ketika bangun malah semakin lemas karena melihat kondisi yang serba kacau dan tidak beraturan. Inilah pentingnya untuk menjaga kerapian dan kebersihan kamar. Jangan biarkan kamar kotor dan berantakan baru berniat untuk bersih-bersih.

2. Kewajiban yang harus dikerjakan

Penyebab kedua kurangnya waktu untuk tidur adalah karena kewajiban yang harus dikerjakan, sehingga harus mengorbankan waktu tidur. Seperti tugas dari dosen atau deadline pekerjaan.

Cara mengatasinya adalah dengan belajar memanajemen waktu dengan baik dan benar. Cari sebanyak mungkin tips dan trik untuk memaksimalkan penggunaan waktu sehingga kita tidak perlu lagi mengorbankan waktu tidur untuk mengerjakan hal lain.

3. Begadang

Penyebab ketiga dan mungkin paling sering dilakukan adalah karena begadang, entah itu mengerjakan tugas atau kewajiban, maupun melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu urgent dan penting.

Berbeda dengan pekerjaan mendesak yang harus diselesaikan, sebenarnya begadang untuk menonton, bermain game, dan kegiatan sejenis lainnya lebih mungkin untuk kita hentikan. Namun, dalam prosesnya tentu tidak mudah. Cara mengatasinya bisa dengan menjauhkan trigger atau penyebab begadang, seperti meletakkan handphone di tempat yang jauh.

Itulah tiga penyebab utama kurangnya waktu tidur beserta cara mengatasinya. Rasanya salah satu dari ketiga penyebab tersebut pasti pernah kita rasakan. Hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara kita mengatasinya dan berusaha memenuhi waktu tidur yang normal untuk diri kita sendiri.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak