facebook

3 Tips Menjaga Kualitas Tidur yang Bisa Kamu Terapkan dari Sekarang

Rizky Melinda Sari
3 Tips Menjaga Kualitas Tidur yang Bisa Kamu Terapkan dari Sekarang
Ilustrasi bangun tidur (pixabay)

Tidur yang berkualitas merupakan salah satu aspek penting agar kita bisa menjalani hari dengan baik dan lancar keesokan harinya. Mood kita dalam satu hari terkadang dipengaruhi oleh apa yang kita lakukan sebelum memulai hari. Tidur yang cukup dan berkualitas merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan sebagai upaya untuk mencintai diri sendiri serta menerapkan gaya hidup yang sehat.

Ada banyak sekali manfaat jika kita bisa menjaga kualitas tidur dengan durasi yang cukup. Agar mencapai itu semua, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menjaga dan memperbaiki kualitas tidurmu.

1. Tidur lebih awal dan bangun lebih awal

Daripada kekurangan waktu tidur karena harus bangun di pagi hari, lebih baik kita tidur lebih awal agar durasi tidur kita terpenuhi dan tidak kurang.

Perlu latihan yang rutin agar kita bisa tidur cepat dan bangun awal keesokan paginya. Tentu saja bukan hal yang mudah, tapi jika kita sudah terbiasa, semuanya akan terasa mudah dan otomatis.

2. Hindari meminum kopi di malam hari

Banyak yang menjadikan kopi sebagai senjata ampuh untuk begadang. Jika memang ada pekerjaan mendadak dan harus dikerjakan saat itu juga, mau tidak mau kita memang harus begadang.

Namun, ketika tidak ada hal mendesak, tidak ada salahnya jika kita tidur lebih awal. Salah satu caranya dengan tidak meminum kopi beberapa saat sebelumnya. Kandungan kafein yang ada di kopi akan membuat kita terjaga dan susah tidur, walaupun dalam beberapa kasus ada orang yang tidak terpengaruh.

3. Jauhkan ponsel dan gadget lain sebelum tidur

Ketika bersiap untuk tidur, usahakan untuk meletakkan ponsel atau gadget di tempat yang jauh dan susah dijangkau. Hal ini untuk menghindari kita memainkan ponsel dan menjadi lupa waktu.

Kita tentu sudah berniat untuk tidur awal, tapi terkadang ketika melihat ponsel, selalu ada pikiran untuk memainkannya, entah untuk sekedar mengecek pesan masuk, membuka media sosial, dan lain sebagainya.

Itulah tiga tips yang bisa kamu terapkan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas tidurmu. Jangan menyia-nyiakan waktu tidur selagi kita masih bisa tidur lebih awal. Karena kurang tidur hanya akan membawa banyak dampak negatif bagi diri kita sendiri.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak