facebook

Simak 4 Tips agar Kamu Tidak Merasa Sendiri di Perantauan

Juandi Manullang
Simak 4 Tips agar Kamu Tidak Merasa Sendiri di Perantauan
Ilustrasi merantau (pixabay)

Tantangan menjadi anak rantau itu sangatlah banyak, terutama kita akan merasakan kesendirian karena tidak ada sanak saudara yang bisa kita temui dan diajak komunikasi. Sudah pasti, bagi kita yang merantau akan merasakan hal tersebut. Biasanya kita hidup di keramaian kota, sekarang harus merasa kesepian di perantauan.

Oleh sebab itu, sebagai anak rantau, kita pun harus mencari cara agar tidak merasa sepi dan sendiri. Ketika kita terus menerus merasa kesepian maka tidak akan betah bahkan stres di perantauan.

Dalam kesempatan ini ada 4 tips yang bermanfaat dan bisa kita terapkan bersama.

1. Menjalin kekompakan dengan tetangga

Saat di perantauan, sudah pasti kita akan kesepian. Oleh karena itu, ketika di kosan tempat tinggal, alangkah baiknya kita menjalin kekompakan dengan tetangga.

Kita ajak komunikasi agar saling mengenal dan seterusnya komunikasi itu akan tetap terbangun. Kita sudah sepatutnya melakukan hal tersebut agar tidak merasakan kesendirian terus menerus.

2. Nongkrong

Harus kita sadari bahwa nongkrong dapat membantu kita untuk dapat melawan kesendirian di perantauan. Kita harus bisa mencari tempat tongkrongan terbaik untuk mengisi kesendirian. Dari tongkrongan itu pun, kita bisa mendapatkan teman sehingga tidak lagi sendiri selama di perantauan. Rasa bosan itu pun akan hilang.

3. Lakukan kegiatan-kegiatan bermanfaat

Melakukan kegiatan-kegiatan bermanfaat yang dimaksud adalah dapat berupa, menulis, melukis maupun buka usaha-kecil-kecilan maupun menghasilkan hasil karya tangan sendiri yang bernilai ekonomis. Cara itu sudah pasti akan sangat membantu kita untuk tidak merasa kesepian ataupun sendiri. Sudah selayaknya kita mencari kegiatan-kegiatan bermanfaat untuk menjalani kehidupan di perantauan.

4. Mencari pasangan

Terakhir adalah mencari pasangan. Ketika di perantauan kita mendapatkan pasangan, maka pada saat itu kita tidak akan merasa kesepian atau kesendirian lagi. Jadi, wajar sekali bila anak rantau berupaya untuk mencari pasangan.

Semoga saja dengan 4 tips tersebut bisa kita terapkan selama di perantauan. Saya yakin hal tersebut akan sangat membantu buat kita untuk tetap bertahan di perantauan dan menghindari kesendirian yang terus menerus. Sekian dan terima kasih.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak