facebook

4 Permasalahan Hidup Para Introvert, Kamu Pernah Mengalaminya?

Rizky Melinda Sari
4 Permasalahan Hidup Para Introvert, Kamu Pernah Mengalaminya?
Ilustrasi kesepian (Pexels/Pixabay)

Bagi kaum introvert, bersosialisasi dan berada di lingkungan yang banyak orang merupakan salah satu hal yang menantang serta mendebarkan. Perlu persiapan dan energi yang tidak sedikit agar bisa berbaur dengan orang banyak.

Bukan berarti introvert sama dengan antisosial. Hanya cara mengembalikan energi saja yang berbeda. Jika ekstrovert merasa bersemangat dan senang dengan keramaian, maka introvert perlu ruang pribadi untuk mengembalikan ketenangan serta energi mereka.

Namun, di tengah masyarakat yang kebanyakan berjiwa ekstrovert, kadang ada beberapa kesulitan yang dihadapi oleh introvert, seperti dipandang tidak senang bergaul, sombong, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa permasalan hidup yang sering dihadapi introvert, kira-kira ada yang relate dengan hidupmu?

1. Merasa kesepian

Ada kalanya ketika sedang sendiri, para introvert juga pernah merasa kesepian. Meskipun senang menyendiri dan menyukai suasana yang tenang, pada dasarnya para introvert juga adalah makhluk sosial yang tetap memerlukan kehadiran orang lain.

Jadi, jika sedang merasa kesepian, salah satu cara mengatasinya adalah dengan mencari kegiatan seru seperti menonton, membaca, atau menghubungi sahabat akrab.

2. Selalu merasa tidak dianggap

Karena terkenal sebagai pribadi yang tidak suka berbicara dengan orang asing, tidak suka keramaian, pendiam, dan malu-malu, banyak introvert yang akhirnya merasa tidak dianggap.

Perasaan ini biasanya muncul ketika di sebuah acara yang kebanyakan hadirinnya tidak kita kenal. Rasanya ingin kabur saja, lalu menyendiri di kamar sambil melakukan hal yang disuka.

3. Suasana hati sering berubah

Meskipun dari luar terlihat santai dan biasa saja, bahkan ada yang menanggap introvert terlalu tenang, padahal dalam hati dan pikiran, banyak hal yang dirasakan.

Tidak banyak berbicara bukan berarti diam-diam saja. Justru para introvert lebih aktif menganalisis dalam pikiran mereka mengenai berbagai hal yang mereka lihat dan dengar.

4. Sulit mengutarakan perasaan

Karena terlalu terbiasa memendam semuanya sendiri, ada kalanya para introvert merasa berat dan sulit ketika harus mengutarakan perasaan. Inginnya menunggu momen yang tepat, tapi entah kenapa momen itu tidak pernah tiba.

Sampai akhirnya, perasaan dan pikiran itu tidak pernah tersampaikan dan hanya berakhir dipendam, lagi dan lagi.

Itulah empat permasalahan hidup yang sering dialami oleh para introvert. Meskipun mungkin berat untuk dihadapi, tapi introvert juga punya hak untuk bahagia. Jadi, tidak usah minder atau malu menjadi introvert. Sama seperti ekstrovert, setiap individu memiliki sisi uniknya masing-masing. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak