facebook

3 Tips Mengatasi Stres di Tempat Kerja, Resign Tak Selalu Jadi Solusi!

Riva Khodijah
3 Tips Mengatasi Stres di Tempat Kerja, Resign Tak Selalu Jadi Solusi!
Ilustrasi stres kerja (Pexels.com/ANTONI SHKRABA production)

Dikejar-kejar deadline, rekan kerja menyebalkan, atau atasan yang galak adalah beberapa contoh penyebab seorang karyawan jadi stres di tempat kerja. Stres yang terjadi terus-menerus gak hanya berisiko tinggi terhadap kesehatan fisik dan mental, tapi juga bisa menurunkan produktivitas, lho.

Biasanya seseorang akan resign bila dirasakan tempat kerja sudah sering membuat stres. Akan tetapi, keluar dari tempat kerja tak selalu jadi solusi.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi stres di tempat kerja. Semoga bisa mencegahmu dari resign, ya.

1. Belajar berkata “tidak”

Apakah kamu sering stres karena mengerjakan tugas dari rekan kerja? Mau menolak, tapi rasanya gak enak. Tapi, dikerjakan jadi membuatmu capek sendiri, karena pekerjaan sendiri saja sudah banyak.

Nah, langkah penting jika kebetulan punya rekan kerja tak tahu diri seperti itu, adalah dengan belajar berkata “tidak”. Jangan takut untuk menolak jika memang kamu gak bisa mengerjakannya atau memang gak mau. Toh, tiap orang sudah punya job description masing-masing.

Gak perlu merasa gak enakan dengan tipe rekan kerja yang egois. Dia saja gak memikirkan apakah kamu nanti kelelahan atau enggak. Jadi, dengan tipe egois ini memang harus berani tega.

2. Bergaul dengan orang-orang positif

Terlalu sering bergaul dengan orang yang sehari-harinya mengeluh bisa membuatmu jadi gak produktif, lho. Aura negatif yang ditularkan bikin pekerjaanmu jadi terasa berat, dan akhirnya stres.

Untuk itulah supaya kondisi mentalmu fit, pilih teman atau rekan kerja yang punya aura positif. Tipe rekan kerja yang selalu semangat dalam bekerja, dan menjalani berbagai tantangan dengan antusias.

Berinteraksi dengan tipe rekan kerja seperti ini bisa membuatmu jadi ikutan positif juga, lho. Pekerjaan gak lagi dianggap beban jadinya.

3. Istirahat yang cukup

Tips penting selanjutnya untuk mengatasi stres di tempat kerja, yaitu dengan istirahat yang cukup. Hal ini termasuk tidur malam dengan durasi yang cukup dan kualitas tidur yang baik. selain itu, termasuk juga memberi waktu untuk istirahat di akhir pekan dengan melakukan aktivitas lain di luar pekerjaan.

Jika ini kamu lakukan, tubuh dan pikiranmu bisa pulih sehingga berfungsi normal. Selain itu, liburan atau melakukan aktivitas menyenangkan di akhir pekan bisa menjauhkanmu dari kejenuhan.

Itu dia sedikit tips mengatasi stres di tempat kerja. Dicoba, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak