facebook

3 Keahlian Penting yang Perlu Dikuasai Perempuan Sebelum Berumah Tangga

Riva Khodijah
3 Keahlian Penting yang Perlu Dikuasai Perempuan Sebelum Berumah Tangga
Ilustrasi wanita karier (pexels.com/Karolina Grabowska)

Banyak perempuan yang mendambakan segera mendapatkan pasangan dan bisa berumah tangga. Sepertinya kalau menikah indah sekali. Tiap hari bisa bersama dengan orang yang dicintai dan memadu kasih.

Duh, jangan terlalu sibuk di alam mimpi! Berumah tangga gak seindah yang kamu kira, lho. Banyak sekali tugas dan tanggung jawab yang mesti diemban, sehingga penting sekali kalau kamu sudah siap lahir dan batin sebelum memutuskan menikah.

Nah, mumpung saat ini masih belum menikah, sebaiknya kenali apa saja keahlian penting yang harus kamu kuasai sebelum memutuskan berumah tangga. Mari disimak.

1. Skill mengelola emosi

Jika saat ini kamu masih sering santai karena masih single, maka nikmatilah. Karena nanti ketika sudah berumah tangga, apalagi kalau sudah memiliki buah hati, emosimu bisa naik turun layaknya roller coaster.

Harus menyiapkan sarapan, suami yang sibuk mencari barangnya yang hilang, anak menangis, dan berbagai kondisi stres lainnya menuntutmu untuk sabar dan pandai dalam mengelola emosi. Kalau enggak, gak hanya kamu yang jadinya rentan depresi, kondisi keluarga pun akan sulit harmonis akibat kamu yang mudah sekali marah-marah.

2. Skill manajemen waktu

Gak sedikit ibu rumah tangga mengeluhkan sedikitnya waktu untuk mengerjakan tugas-tugas domestik dan gak punya waktu untuk menemani anak bermain. Tapi, setelah diperhatikan waktu untuk bermain media sosial bisa sampai berjam-jam lamanya. Nah, ini tandanya pengelolaan waktunya belum baik.

Kalau sekarang ini kamu masih belum punya pasangan, manfaat kesempatan ini untuk melatih skill manajemen waktu. Tanamkan kesadaran kalau waktu adalah aset yang sangat berharga dalam hidup manusia, dan sepatutnya digunakan untuk hal-hal bermanfaat.

Jika kamu sudah terbiasa mengelola waktu dengan baik, niscaya ketika sudah berumah tangga gak kerepotan lagi. Karena sudah jago dalam manajemen waktu!

3. Skill mengelola keuangan

Ketika sudah berumah tangga, biasanya istri berperan sebagai ‘manajer keuangan’ yang bertugas mengatur keuangan keluarga. Maka dari itu, kalau saat ini kamu masih sering boros, berarti masih ada yang harus dibenahi supaya kebiasaan tersebut gak terbawa sampai berumah tangga nanti.

Dari uraian tadi sekarang sadar, ya, bahwa kehidupan pernikahan gak selamanya bunga-bunga. Banyak hal yang mesti kamu lakukan dengan baik karena menyangkut peranmu sebagai istri dan ibu. Oleh sebab itu, manfaatkan waktu yang ada saat ini untuk mempersiapkannya dengan matang, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak