facebook

4 Kebiasaan Buruk Harus Ditinggalkan Jomblo Sebelum Menikah

Riva Khodijah
4 Kebiasaan Buruk Harus Ditinggalkan Jomblo Sebelum Menikah
Ilustrasi wanita merenung (pexels.com/Talal Hakim)

Setiap orang pasti punya kebiasaan buruk masing-masing. Nah, sebelum memutuskan ke pelaminan dan menjalani rumah tangga bersama orang yang kamu cintai, ada baiknya beberapa kebiasaan buruk ini dihilangkan.

Kenapa harus dihilangkan? Supaya tidak sampai terbawa saat sudah menjadi suami istri yang nantinya bisa menjadi sumber masalah dalam pernikahan.

Lalu, kebiasaan buruk apa yang dimaksud? Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut akan diulas di bawah ini. Mari disimak.

1. Kebiasaan bangun kesiangan

Bangun kesiangan sekali dua kali tak masalah. Tapi, kalau sudah jadi kebiasaan, itu artinya ada hal yang mesti kamu benahi.

Terlalu sering datang ke kantor telat karena bangun kesiangan bisa mengindikasikan kalau kamu belum bisa bertanggung jawab terhadap diri sendiri, lho. Jika untuk diri sendiri saja masih belum bisa diandalkan, bagaimana nantinya saat sudah berkeluarga?

2. Meninggalkan ibadah

Kebiasaan buruk selanjutnya yang penting untuk ditinggalkan saat kamu masih jomblo, yaitu meninggalkan ibadah. Ada banyak alasan kenapa kamu mesti beribadah, salah satunya wujud rasa syukur dengan berbagai nikmat yang Tuhan beri.

Sungguh keterlaluan bila dengan ragam anugerah yang kamu nikmati saat ini, tapi gak ada rasa syukur sama sekali pada Tuhan yang sudah memberikannya. Masih saja sering meninggalkan ibadah, yang pastinya bikin Tuhan murka.

Jika Tuhan saja berani kamu sia-siakan, apakah yang bisa menjamin nantinya kamu gak akan menyia-nyiakan keluarga yang sudah kamu bina?

3. Kecanduan bermain media sosial

Kecanduan media sosial bisa mengindikasikan kalau mentalmu sedang bermasalah, sehingga media sosial jadi pelampiasan, dan ini menandakan ada yang harus dibenahi. Atau bisa pula karena kamu terlalu punya banyak waktu luang, sehingga hari-harimu selalu dihabiskan melihat media sosial. Ini pun bisa jadi indikasi pengelolaan waktumu masih kurang baik.

Semua kondisi tadi bisa jadi indikator kalau kamu belum siap berumah tangga. Masih ada hal-hal yang mesti dibereskan.

4. Sering mengeluh

Kebiasaan buruk lain yang perlu kamu enyahkan saat ini, adalah sering mengeluh. Kebiasaan mengeluh bisa menandakan kalau mentalmu belum matang, sehingga bisa bermasalah nantinya jika sudah nekat berumah tangga. Ingat, lho, pernikahan pun isinya tak luput dari masalah.

Gunakan kesempatan jomblo saat ini untuk menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk tadi. Kalau kebiasaan itu berhasil dihilangkan, maka kemungkinan besar jalinan asmaramu nantinya bisa berjalan dengan baik, lho.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak