facebook

4 Tanda Cintamu ke Pasangan Cinta Buta, Bukan Cinta yang Cerdas

Riva Khodijah
4 Tanda Cintamu ke Pasangan Cinta Buta, Bukan Cinta yang Cerdas
Ilustrasi pasangan (Pexels.com/Ron Lach)

Gak sedikit orang yang bahagia ketika dibilang cinta buta terhadap pasangannya. Merasa kalau label tadi membuktikan jika cintanya tak main-main.

Sayangnya, pemikiran tersebut benar-benar keliru. Cinta buta mengartikan bahwa rasa cinta seseorang terhadap pasangannya sudah berlebihan, sehingga tak lagi memperhatikan logika. Padahal, cinta yang cerdas mengharuskan untuk tetap mengedepankan logika agar terjadi batasan, dan perasaan cinta gak sampai merugikan.

Lalu, bagaimana cara mengecek apakah cintamu ke pasangan sudah termasuk cinta buta atau tidak? Berikut akan diulas beberapa tanda cinta buta. Mari disimak.

1. Hanya mengedepankan perasaan

Sisi tidak seimbang dari cinta buta, adalah benar-benar mengandalkan perasaan. Tak peduli jika hal yang dilakukannya bertentangan dengan akal sehat.

Sebagai contoh, mengiyakan saja permintaan pacar untuk diantar jemput setiap hari meskipun secara logika gak masuk akal. Dengan lokasi yang bertolak belakang, dan jauh seperti itu sebenarnya permintaan antar jemput tiap hari termasuk konyol. Mengingat banyaknya ojek online saat ini, tentu jauh lebih mudah apabila pacarmu berangkat sendiri menggunakan ojek.

2. Rela disakiti oleh pasangan dengan dalih menerima apa adanya

Dalam menjalin hubungan memang perlu adanya penerimaan diri pasangan. Akan tetapi, ada batasan yang tak boleh dilanggar, dan ini hanya akan disadari oleh penganut cinta yang cerdas, yaitu tidak boleh sampai menyakiti.

Hal inilah yang gak kamu lakukan. Sering banget terjadi kamu rela disakiti pasangan akibat kekurangan atau kebiasaan buruknya dengan mengatasnamakan menerima pasangan apa adanya.

Sebagai contoh, uangmu sering dipinjam dan tak dikembalikan oleh pasangan untuk membiayai hobinya. Padahal, uang tersebut merupakan hasil jerih payahmu yang didapat dengan kerja keras.

3. Merasa kalau dia adalah segalanya dalam hidupmu

Tanda selanjutnya dari cinta buta, adalah merasa kalau pasangan adalah pusat kehidupanmu. Cara pandang seperti ini yang bikin aspek kehidupanmu yang lain jadi berantakan, akibat terlalu memprioritaskannya.

4. Rela mengubah jati diri

Cinta yang cerdas harusnya bisa menangkap sinyal kalau pasanganmu bukanlah orang yang tepat dari berbagai tuntutannya padamu. Tuntutan-tuntutan ini bikin kamu gak bisa jadi diri sendiri, demi memenuhi standar atau ekspektasi yang dia punya.

Gimana, apakah tanda-tanda tadi telah dialami olehmu saat ini? Kalau iya, cepatlah sadar bahwa hubungan cintamu sudah tidak sehat. Cintamu bukan cinta yang cerdas!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak