facebook

Cepat Sadari, Inilah 5 Tanda Kamu Memiliki Fake Friends

Zahrin Nur Azizah
Cepat Sadari, Inilah 5 Tanda Kamu Memiliki Fake Friends
Ilustrasi teman yang buruk.[Pexels/Mikhail Nilov]

Memiliki banyak teman memanglah menyenangkan. Namun sayangnya tidak semua orang yang dekat dengan kita bisa dikategorikan sebagai teman. Ada kalanya mereka datang hanya saat butuh saja dan setelah urusannya selesai mereka akan meninggalkan kita. Ada juga yang hanya datang di saat momen bahagia saja lalu menghilang ketika kita ditimpa suatu musibah. Adakah temanmu yang seperti itu? faktanya memang ada orang dengan perilaku seperti itu dan hanya mau berteman dengan kita hanya untuk mengambil keuntungannya saja.

Teman dengan sifat seperti itu seringkali disebut dengan fake friends atau teman palsu. Biasanya mereka selalu menunjukkan ekspresi bahagia dan perilaku menyenangkan jika sedang berada dengan kita. Namun setelah kita tidak ada di tempat, mereka akan mulai membicarakan keburukan kita atau bahkan menunjukkan kebenciannya terhadap kita. Jika sudah seperti itu maka pertemanan itu sudah tidak lagi sehat bahkan sudah berubah menjadi toxic friendship.

Lalu bagaimana caranya membedakan mana teman yang benar-benar baik pada kita dengan teman yang hanya pura-pura atau fake friends. Yuk, simak penjelasannya berikut ini:

1. Perkataannya sering membuat sakit hati

Seorang teman sejati akan selalu memperhatikan tutur katanya ketika berbicara denganmu. Ia tidak ingin apa yang diucapkannya bisa membuat sakit hati. Namun beda lagi dengan si teman palsu atau fake friend. Tidak peduli apakah perkataannya menyakitkan atau tidak, ia akan terus berbicara dengan dalih menyampaikannya sesuai dengan fakta. Jika memang benar-benar memikirkan perasaanmu, harusnya ia bisa memilih kata yang pantas agar tidak membuatmu tersinggung.

2. Datang jika ada perlunya saja

Pasti kalian pernah mempunyai teman dengan tipe seperti ini kan? yang hanya datang jika ada perlunya saja. Hanya datang jika sedang kesusahan dan akan pergi jika sudah selesai urusannya. Jika permintaan mereka diabaikan, yang ada malah mereka akan marah dan melabeli kita sebagai orang yang pelit. Namun, jika sudah dibantu mereka akan menghilang dan bahkan sudah tidak bisa dihubungi lagi. Memang susah ya jika berhadapan dengan tipe teman seperti ini.

3. Tidak senang melihatmu bahagia

Biasanya seorang teman akan ikut bahagia juga jika melihat kita bahagia. Namun seorang fake friend akan melakukan kebalikannya. Dia akan merasa sedih dan tidak tenang jika melihatmu bahagia dan malah akan senang jika mengetahui kamu sedang dilanda kesusahan. Jika sudah mengetahui sifat aslinya yang seperti ini lebih baik segera jauhi dia.

4. Membicarakan keburukanmu ke orang lain

Saat berada di dekat kita, biasanya dia akan memasang wajah yang manis dan bersahabat. Sayangnya itu semua hanyalah topeng yang akan ia lepas jika sudah tidak lagi bersama dengan kita. Ketika bertemu dengan orang lain, dia akan membicarakan segala keburukan kita bahkan sampai hal terkecil sekalipun. Akan sangat menyakitkan sekali jika mengetahui fakta bahwa orang yang kita anggap sebagai teman tega berbuat hal seperti itu pada kita.

5. Sikapnya berbeda jika dengan orang lain

Fake friend biasanya akan berperilaku berbeda jika bersama orang lain. Jika di dekatmu dia akan bertingkah menyenangkan, tapi beda lagi jika dia sudah bertemu orang lain. Biasanya dia akan berubah cuek kepadamu dan memilih mengobrol dengan temannya. Seketika dia mengabaikan dan menganggap tidak ada keberadaanmu. Sakit sekali ya jika diperlakukan seperti ini. 

Begitulah 5 tanda jika kamu memiliki fake friends. Tidak semua yang kamu anggap teman akan selalu berbuat baik padamu. Tapi akan selalu ada teman yang sanggup bersamamu bahkan dalam kondisi terpuruk sekalipun. Semoga kita memiliki teman yang seperti itu. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak