facebook

5 Cara Mengatasi Rasa Iri dan Dengki dalam Dirimu, Sudah Menerapkannya?

Husein Fadhilah
5 Cara Mengatasi Rasa Iri dan Dengki dalam Dirimu, Sudah Menerapkannya?
ilustrasi orang iri (Pexels.com/Polina Zimmerman)

Apakah kamu pernah merasa iri? Yups, kita semua pernah merasakannya. Ketika teman kita memperoleh keberhasilan, terkadang kita merasa kenapa kita tidak bisa seperti itu juga. Pada akhirnya, kita mulai membencinya, dan terus menumbuhkan sifat iri yang berlebihan. Ya, itu wajar. Namun jika terus dibiarkan, hal itu dapat membuatmu menjadi pribadi yang tidak baik. Kamu harus segera membuangnya. Untuk itu, kamu bisa mencoba kelima cara berikut untuk mengatasi rasa irimu. Silahkan disimak, ya!

1. Sadari bahwa setiap manusia tidak bisa menjadi sempurna

Jika rasa iri timbul dalam dirimu, kemungkinan hal itu ditimbulkan setelah kamu melihat kelebihan yang dimiliki orang lain. Kamu merasa jatuh ketika orang lain memiliki kelebihan yang tidak kamu miliki. Nah, hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi ini adalah berhenti berfikir bahwa kamu harus memiliki semua kelebihan yang dimiliki oleh orang lain. Kamu tidak akan bisa menjadi sempurna, begitupun dengan orang lain. Orang lain mungkin memiliki kelebihan yang tidak kamu miliki, tapi mereka pasti juga tidak memiliki kelebihan yang kamu miliki. Jadi, tenanglah.

2. Jangan remehkan kelebihanmu. 

Setiap manusia itu istimewa. Perhatikan apa kelebihan yang membuatmu berbeda dengan orang lain. Kembangkan dan rawat kelebihan itu. Jangan berfikir bahwa kamu harus menjadi orang lain, jadilah dirimu sendiri. 

3. Berada di dekat orang yang suka bersyukur

Faktor lingkungan sangat mempengaruhi pola pikirmu nantinya. Rasa syukur mudah menular ketika mereka menceritakan pengalaman mereka untuk menjadi orang yang menghargai diri mereka sendiri. Spontan kamu akan merenungi dan akan menyadari bahwa semua yang diberikan tuhan untukmu adalah yang terbaik. 

4. Jadilah pribadi yang turut senang dengan keberhasilan orang lain

Ini adalah cara ter-simple yang bisa kamu lakukan. Ketika ada temanmu yang menjuarai sebuah perlombaan, cobalah untuk bersikap murah hati. Buang jauh-jauh perasaan dengki yang ada dalam dirimu. Ketika kamu merayakan keberhasilannya, dirimu juga akan merasakan kebahagiaan yang dialami olehnya. Memang tidak mudah, tapi paksakan sedikit demi sedikit. Istilahnya, terbiasa karena terpaksa. Yah, itu lebih baik daripada mempertahankan sifat iri dan dengkimu. 

5. Pikirkan apa untungnya sifat iri bagi dirimu

Pikirkan apakah sifat iri mendatangkan keuntungan bagimu. Tanyakan pada dirimu, "Apa saya akan mendapatkan kebahagiaan dengan sifat ini? Bagaimana perasaan orang lain jika saya terus bersikap iri terhadapnya? Apa akibat yang akan ditimbulkan oleh sifat ini?" Hati kecilmu pasti akan menjawab tidak. Yups, sifat iri hanya melahirkan kerugian bagimu. Tidak ada keuntungan yang didapatkan darinya. 

Nah, itu dia kelima cara mengatasi rasa  iri dan dengki dalam dirimu. Sudahkan kamu mencobanya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak