facebook

Demi Kenyamanan, Ini 4 Perilaku Sosial yang Sebaiknya Tidak Dilakukan

oce blue
Demi Kenyamanan, Ini 4 Perilaku Sosial yang Sebaiknya Tidak Dilakukan
Ilustrasi sekelompok orang (Pixabay.com/Shvets Production)

Ketika kita menghadapi suatu keadaan untuk bersosialisasi, pastinya kita juga melakukan pembicaraan dengan orang lain. Namun, ada beberapa perilaku yang harus kita hindari agar menghindari ketidaknyamanan dalam percakapan tersebut. Jangan lakukan 4 hal di bawah ini untuk membuat situasi percakapan tetap nyaman

1. Tidak menyadari orang lain sudah tidak lagi tertarik dengan topik yang kamu bicarakan

Kita butuh suatu kemampuan untuk melihat raut wajah dan sikap orang-orang di sekitarmu yang sedang kamu ajak bicara.

Jika raut wajah mereka terlihat bosan dan tidak tertarik dengan topik yang kamu sampaikan, jangan paksakan untuk tetap melanjutkan mengenai topik tersebut. Kita bisa menggantikan posisi diri menjadi pendengar saja ketika orang lain sedang berbicara. 

2. Isu yang menyinggung orang dalam kelompok pembicaraan

Ada baiknya kita melihat dan mempelajari terlebih dahulu sedikit tentang kehidupan tentang orang-orang yang akan kamu ajak bicara.

Hal ini bertujuan agar kita juga bisa menjaga mulut kita agar tidak membahas isu atau topik yang bisa menyinggung perasaan mereka. Tentunya agar dalam suatu kelompok pembicaraan tersebut merasakan kenyamanan. 

3. Selalu menjadi pusat pembicaraan

Jangan habiskan waktu hanya menjadi pembicara saja. Kita mempunyai batasan untuk menjadi pendengar dan lamanya untuk berbicara. Bersikaplah adil dan mempersilahkan orang lain untuk ikut aktif dalam pembicaraan tersebut.

Pastinya sebagian orang juga ingin menyampaikan pendapatnya dan bercerita. Saat orang lain berbicara, kita juga harus menjadi pendengar yang baik

4. Berbicara di saat genting dan serius

Jika kamu sedang menghadapi pembicaraan dengan topik yang serius, jangan membelokkan topik tersebut dengan candaan. Hal ini bisa membuat orang-orang yang ada di sekitarmu tentunya merasa kurang nyaman.

Ada waktu tersendiri untuk kita bercanda dan kapan harus benar-benar serius. Kita boleh merilekskan suatu pembicaraan, tapi tidak dengan bercanda. 

Ternyata ada banyak hal sederhana yang sangat berpengaruh untuk kita sebagai makhluk sosial. Selain mematuhi aturan yang ada di lingkungan sosial, kita juga harus mampu memposisikan diri dengan tepat saat berbicara dengan mereka. Jadilah orang yang bisa memberikan aura baik untuk orang-orang sekitarmu. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak