facebook

Ingin Belanja Online? Perhatikan 5 Hal Ini sebelum Check Out Barangnya

Zahrin Nur Azizah
Ingin Belanja Online? Perhatikan 5 Hal Ini sebelum Check Out Barangnya
Ilustrasi Belanja Online.[Pexels/cottonbro]

Belanja online sudah menjadi kegiatan yang sering dilakukan oleh masyarakat modern saat ini. Kemudahan dalam membeli barang tanpa harus datang langsung ke tempatnya menjadi salah satu alasan bagi banyak orang untuk berbelanja via online. Sehingga tidak heran jika banyak sekali para penjual yang mulai melirik untuk membuka toko di platform digital setelah melihat perilaku konsumen yang lebih memilih berbelanja online daripada harus repot-repot datang ke toko mereka.

Walaupun demikian, adanya kemudahan dalam mengakses barang yang diinginkan telah membuat banyak orang terjebak dalam perilaku konsumtif. Terutama jika sudah melihat diskon besar-besaran yang biasanya diadakan setiap bulannya, tentu saja membuat masyarakat tergiur dan ingin segera check out atau membeli barang tersebut. Eits.. tunggu dulu. Jangan terburu-buru ketika akan memencet check out barang belanjaanmu.

Sebelum melakukan check out saat belanja online ada baiknya jika kamu perhatikan 5 hal ini. Apa saja itu? yuk simak.

1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Banyak yang tergiur karena harga murah dan promo yang dipasang oleh toko online. Tentu saja hal itu dilakukan untuk menarik banyak pembeli sehingga barang dagangannya menjadi laris manis. Tapi, jangan sampai kamu juga terjebak oleh godaan manis dari toko online ya. Coba kamu pertimbangkan kembali apakah barang yang ingin kamu beli benar-benar kamu butuhkan untuk saat ini atau hanya keinginanmu saja. Jika belum terlalu mendesak kamu bisa membatalkan untuk tidak membeli barang tersebut untuk saat ini dan menyimpan uangmu untuk digunakan kebutuhan lain atau ditabung untuk keperluan masa depan.

2. Pastikan Situs Belanja

Biasanya orang akan mencari barang yang ingin dibeli melalui mesin pencarian di internet. Pada halaman pencarian teratas biasanya akan terisi oleh marketplace yang sering dikunjungi oleh banyak pengguna internet. Namun jika kamu mencari di situs lain, pastikan bahwa toko yang kamu cari adalah toko yang aman dan bertanggung jawab. Karena kalau tidak kamu bisa saja menjadi korban penipuan dan tentu saja akan merugikanmu.

3. Cek Keaslian Barang

Setelah memilih barang yang ingin dibeli, pastikan juga keaslian barang tersebut. Kamu bisa bertanya pada penjual melalui chat atau menelponnya secara langsung. Kamu juga bisa langsung mengeceknya pada deskripsi produk yang tertulis di bawahnya. Atau jika kamu masih ragu kamu bisa mencari petunjuk bagaimana cara membedakan barang yang asli dan palsu di mesin pencarian internet.

4. Baca Review dari Pembeli Lain

Review atau ulasan dari pembeli lain sangat membantumu untuk memutuskan apakah jadi membeli atau tidak. Jika ulasannya banyak yang mengatakan bagus maka kamu bisa meneruskan untuk check out barang tersebut. Namun jika ulasannya buruk maka kamu perlu mempertimbangkan kembali untuk berbelanja di marketplace tersebut dan coba cari di toko lain yang memiliki ulasan yang baik dari pembeli.

5. Bandingkan Harga dengan Toko Lain

Seringkali pembeli banyak yang terkecoh dengan harga murah dari suatu marketplace. Namun sebagai pembeli yang pintar, kamu perlu melakukan perbandingan dengan toko lain yang menjual barang yang sama. Jika ada perbedaan harganya kamu perlu mencurigai toko yang hendak kamu beli tersebut. Apa benar barang yang mereka jual adalah produk asli atau tiruan. Biasanya antara toko online memiliki perbedaan harga yang tipis dan tidak terlalu jauh. Jika kamu menemukan toko online yang menawarkan barang dengan harga yang jauh lebih murah dari lainnya kamu perlu mempertanyakannya.

Itulah 5 hal yang perlu kamu perhatikan sebelum check out barang saat belanja online. Jangan karena tergiur oleh promo dan harga yang murah kamu langsung check out dari keranjang ya. Yuk, belajar lebih bijak lagi!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak