facebook

5 Archetype yang Berhubungan dengan Mimpi, Pernah Mengalaminya?

Rizky Melinda Sari
5 Archetype yang Berhubungan dengan Mimpi, Pernah Mengalaminya?
Ilustrasi dream (pexels)

Kamu pasti pernah bermimpi, bukan? Lantas, kira-kira mimpi itu apa dan berasal dari mana? Menurut ilmu psikologis, mimpi itu ternyata representasi alam bawah sadar kita.

Berdasarkan tulisan McLeod, S. (2018),  Menurut Carl Jung, seorang psikoanalis yang mendirikan sebuah psikologi analisik, mimpi merupakan media bagi jiwa untuk menyampaikan segala sesuatu melalui alam bawah sadar kita.

Carl Jung juga terkenal dengan teorinya mengenai archetype. Archetype sendiri artinya adalah gambaran universal yang tertanam dalam alam bawah sadar semua orang. Archetype ini ternyata tidak hanya terlihat di mimpi, tetapi juga dapat disalurkan dalam karya seni dan sastra.

Berdasarkan tulisan Cherry, K. (2020), Feist, J., Roberts, T. A., & Feist, G. J. (2017), berikut ini adalah beberapa tipe archetype yang harus kamu ketahui.

1. Persona

Persona merupakan wajah yang ditunjukkan kepada publik atau orang banyak. Persona sering dilambangkan sebagai topeng karena wajah yang ditunjukkan dapat berbeda dari wajah atau diri sebenarnya layaknya seorang aktor.

2. Shadow

Berkebalikan dengan persona, shadow merupakan gambaran nyata dari kepribadian seseorang. Shadow menggambarkan alam bawah sadar seseorang yang penuh dengan hasrat merusak, insting, serta kreativitas tanpa batas. Penting untuk bisa mengontrol archetype satu ini.

3. Anima atau Animus

Menurut Jung, seorang perempuan memiliki sisi maskulinnya sendiri yang disebut sebagai Animus, dan laki-laki juga memiliki sisi feminim yang disebut sebagai Anima. Saat bermimpi, kita pasti pernah melihat seorang perempuan atau laki-laki, tetapi tidak mengingat wajahnya. Menurut Jung, sosok tersebut adalah animus/anima kamu sendiri.

4. Wise Old Man

Archetype yang satu ini sering digambarkan sebagai sosok seorang lelaki tua yang memiliki kebijaksanaan tanpa batas dan senang membimbing orang lain.

5. Great Mother

Sosok Great Mother sering digambarkan sebagai bentuk kesuburan dan kehancuran. Sering dipresentasikan dalam berbagai wujud seperti ratu, dewi, atau penyihir.

Itulah lima tipe archetype yang dirumuskan oleh Carl Jung, sebenarnya masih ada banyak archetype yang lain yang tidak kalah menarik. Ilmu psikologi memang selalu menarik untuk dipelajari. Kamu pernah bermimpi tentang apa?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak