facebook

5 Tips Mengatur Keuangan Sehari-hari, Milenial Wajib Tahu!

alif izzul haq
5 Tips Mengatur Keuangan Sehari-hari, Milenial Wajib Tahu!
Ilustrasi mengatur keuangan (Pixabay/Steve Buissine)

Pada masa sekarang manajemen keuangan sangat penting dalam kehidupan seseorang terutama bagi kalangan milenial. Banyak dari kalangan milenial yang berimpian untuk sukses di usia yang masih muda.

Sejatinya, kesuksesan tersebut tidak dapat digapai jika orang tersebut masih tidak dapat mengatur keuangan dengan baik. Mengatur keuangan tidak hanya dalam waktu bulanan, akan tetapi mengatur keuangan harian juga sangat penting.

Jika kita tidak dapat mengatur keuangan kita dengan baik, kita akan mengalami hal-hal yang tidak kita inginkan dalam kehidupan kita, seperti terlilit utang atau tidak dapat membeli barang yang kita impikan. Berikut adalah beberapa tips mengatur keuangan harian kita.

1. Menggunakan apa yang kita punya

Jika barang yang kita miliki masih layak untuk dipakai maka pakailah barang yang kita miliki. Jangan pernah tergiur untuk membeli barang baru selagi barang yang kita miliki masih cukup layak untuk dipakai. Jika kita tergiur untuk membeli barang yang baru, kita akan membebani biaya kehidupan kita yang semakin banyak.

2. Memperbaiki barang yang rusak

Jika barang yang kita miliki rusak alangkah baiknya kita mengecek barang tersebut, apakah barang tersebut masih dapat diperbaiki atau tidak.

Jika barang yang kita miliki masih dapat diperbaiki, maka lebih baik kita memperbaiki barang tersebut daripada membeli barang yang baru. Seperti halnya jika kita memiliki jam yang rusak maka lebih baik kita membawa jam tersebut ke tempat reparasi jam daripada harus membeli jam yang baru.

3. Menjual atau mendonasikan barang

Ketika barang yang kita miliki sudah tidak terpakai alangkah baiknya kita menjual tersebut atau mendonasikannya. Jika kita menjual barang tersebut, kita masih bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan tersebut.

Selain itu, jika kita mendonasikan barang yang kita miliki kita dapat memberikan manfaat kepada orang di sekitar kita.

4. Membeli barang sesuai budget

Ketika kita ingin membeli suatu barang maka kita harus melihat budget yang kita miliki. Setelah kita mengetahui budget yang kita miliki kita dapat memutuskan barang mana yang dapat dibeli sesuai dengan budget kita.

Jangan malah kita membeli barang yang harganya melebihi budget kita. Jika kita memiliki barang impian yang harganya di atas budget yang kamu miliki, maka kamu harus menabung terlebih dahulu untuk dapat membeli barang tersebut.

5. Membuat jadwal dalam membeli barang

Dengan adanya jadwal dalam membeli barang kita dapat mengatur keuangan kita menjadi lebih baik. Kita dapat lebih mudah untuk konsisten dalam menabung dari uang yang kita dapatkan. Kita juga dapat lebih mudah memperkirakan dan mencatat berapa pengeluaran yang akan kita keluarkan untuk membeli barang. 

Nah, itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan dalam mengetur keuangan dalam hidupmu. Semoga setelah membaca informasi ini kamu dapat lebih baik lagi dalam mengatur keuangan dalam hidup.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak