3 Manfaat Melakukan Journaling, Dapat Mengenal Diri Sendiri Lebih Baik?

Elvira D Paramitha
3 Manfaat Melakukan Journaling, Dapat Mengenal Diri Sendiri Lebih Baik?
ilustrasi Journaling(Unsplash.com/Content Pixie)

Journaling adalah salah satu hobi yang banyak digemari belakangan ini. Terutama dengan maraknya konten membuat jurnal hingga menghiasnya dengan kreatif yang dibagikan melalui platform terkenal seperti TikTok atau Instagram.

Journaling sendiri memiliki pengertian yakni suatu bentuk kegiatan menulis atau menggambar untuk mengekspresikan perasaan, emosi, hingga pengalaman berharga yang ingin dikenang. Melakukan journaling juga dinilai mudah karena hanya membutuhkan sebuah buku atau kertas dan pena. Kegiatan ini sangat digemari karena dinilai memiliki banyak manfaat.

Berikut adalah 3 diantara banyaknya manfaat journaling.

1. Sebagai Refleksi Diri

Journaling adalah salah satu kegiatan menuangkan pikiran dan perasaan ke dalam sebuah tulisan atau gambar. Melalui kegiatan yang satu ini, kamu dapat mengetahui lebih baik tentang diri kamu sendiri baik dari sisi baik dan sisi buruk.

Sambil mengingat dan menuliskan atau menggambarkan satu persatu hal-hal yang terjadi beberapa waktu yang lampau, tentu saja dapat membantu membuat kamu menyadari banyak hal dalam hidup kamu. Dari sini, kamu dapat dengan mudah melakukan refleksi atas diri kamu sendiri dan memperbaiki hal-hal buruk serta meningkatkan hal-hal baik.

2. Mengetahui Tingkat Pencapaian

Journaling juga dapat membantu kamu untuk mengetahui sudah sejauh mana progress atau pencapaian yang sudah kamu lakuakan. Dengan menyusun plan, menulis tujuan, mendeskripsikan rincian hal-hal yang telah dilakukan dan akan dilakukan, ini juga akan sangat membantu kamu dalam melakukan pengecekan disetiap prosesnya.

Journaling juga dapat digunakan sebagai pengingat agar tujuan kamu tercapai dengan baik. Saat kamu merasakan stuck, kamu juga akan lebih mudah termotivasi dengan adanya jurnal yang sudah kamu buat sebelumnya.

3. Melatih Kemampuan Menulis dan Menggambar

Dengan membuat jurnal, kamu juga dapat mengasah kemampuan menulis dan menggambar kamu agar lebih baik. Sebab, melakukan journaling pada umumnya memang membutuhkan waktu yang cukup lama bahkan untuk beberapa orang, journaling dapat dilakukan setiap hari. Dengan demikian, habit yang terus menerus berlangsung ini pastinya akan bermanfaat untuk melatih kemampuan kamu dalam menulis dan juga menggambar.

Bagaimana? Apakah kamu juga suka melakukan journaling?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak